www.alijayaservice.blogspot.com

6 Ciri Ciri Mobil Turun Mesin yang wajib diketahui

Service mobil panggilan surabaya,

6 Ciri Ciri Mobil Turun Mesin yang wajib diketahui

Kondisi turun mesin atau yang lebih dikenal sebagai overhaul merupakan salah satu masalah serius yang bisa saja terjadi pada kendaraan anda. Jika sampai mesin mobil anda mengalami turun mesin, maka mau tidak mau anda harus mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk memperbaiki mobil anda. Hal ini dikarenakan pekerjaan ini membutuhkan ketelitian yang3. Suhu Mesin Selalu Naik
Ciri-ciri mobil harus mengalami turun mesin lainnya adalah suhu mesin yang selalu naik. Jika anda menggunakan mobil dalam kondisinya yang normal lalu lambat lalu suhu mesin meningkat terus menerus, maka hal ini menjadi pertanda jika mobil anda harus mengalami turun mesin.
1. Mesin Mati Mendadak Karena Overheating
Hal ini merupakan lanjutan dari kondisi sebelumnya. Tentunya diantara anda pernah menglamai mobil yang mendadak mati saat digunakan. Hal ini disebabkan kondisi suhu mesin yang terus meningkat dan menyebabkan overheating. Jika hal ini terjadi pada anda, maka usahakan untuk tidak langsung menyalakan kembali mobil anda. Perhatikan temperatur mesin pada jarum penunjuk yang ada.
Jika jarum menunjukkan H, maka akan lebih baik untuk mendiamkan mesin beberapa saat. Kemudian lakukan pemeriksaan pada sistem pendingin, bisa saja terjadi kebocoran pada komponen radiator. Untuk mengetahui penyebab lebih jelas, akan lebih baik jika anda membawa mobil anda ke bengkel terdekat.
2. Kondisi Busi Selalu Basah Dengan Oli
Ciri-ciri mobil turun mesin lainnya adalah seringnya kepala busi basah dengan oli. Hal ini menandakan jika oli sudah bercampur di ruang kompresi sehingga menyebabkan oli mudah terbakar di bagian ini. Pada saat anda mengeceknya tak terdapat kerusakan pada boringnya, maka anda hanya perlu melakukan pergantian pada ring pistonnya. Namun bila kondisi dari ruang kompresi tidak presisi lagi, maka mau tidak mau anda harus melakukan turun mesin.
3. Air Radioator Berkurang Bahkan Dapat Menyembur
Kondisi lainnya yang terlihat adalah air radiator yang berkurang banyak dan bahkan dapat menyembur keatas saat mesin distarter. Untuk mengetahui penyebabnya lebih jelas, maka anda perlu melakukan pengecekan pada komponen-komponen radiator untuk mengetahui dengan jelas penyebab kondisi tersebut.
Nah itu tadi beberapa ciri-ciri mobil turun mesin yang perlu anda ketahui. Jika kondisi tersebut terjadi pada mobil anda, maka sebaiknya segera membawa mobil anda ke bengkel terdekat untuk langsung diatas oleh teknisi yang sudah ahli. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda. tinggi serta waktu yang tak sebentar.
ads
Overhaul merupakan pekerjaan yang ditujukan untuk memperbaiki mesin kendaraan dengan cara menurunkan dan membongkar mesin kendaraan. Hal ini dilakukan agar didapatkan data yang valid mengenai kerusakan pada mesin kendaraan anda.
Untuk melakukan turun mesin, tentu saja anda harus memperhatikan dan menganalisa terlebih dahulu kondisi mobil anda. Biasanya mobil yang harus mengalami turun mesin mengalami beberapa gejala dan ciri-ciri yang terlihat. Nah berikut ini beberapa ciri-ciri mobil turun mesin.
4. Asap Knalpot Berwarna Putih
Salah satu ciri yang paling terlihat ketika mobil harus mengalami turun mesin adalah keluarnya asap knalpot yang berwarna putih pekat. Selain itu, mobil pun juga seringkali mengalami pengurangan pada oli mesin padahal baru beberapa kali pemakaian.
Yang paling terlihat adalah ketika anda menggunakannya untuk perjalanan cukup jauh (kurang dari 100km) maka akan terjadi pengurangan yang drastis pada oli kendaraan anda. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu di bengkel terpercaya apakah mobil anda harus mengalami turun mesin seluruhnya atau tidak.
Biasanya pada kasus-kasus seperti ini, dapat diselesaikan dengan cara turun mesin separuh jika kerusakan nya ternyata hanya pada bagian seal-seal valve yang kondisinya sudah keras. Hal ini sering terjadi pada mobil-mobil yang sudah tua. Beberapa bagian atas blok valve atau kelp nya saja yang diturunkan dan kemudian seal diganti dengan yang baru. Penyelesaian turun mesin separuh ini juga bisa terjadi jika kerusakan hanya terjadi pada ring piston yang kondisinya sudah melemah. 
5. Air Radiator Berminyak dan Oli Berwarna Kecoklatan
Ciri lainnya yang mudah terlihat adalah ketika air radiator menjadi berminyak dan oli mulai berwarna kecoklatan. Hal ini biasanya dikarenakan adanya air yang masuk ke ruang kompresi ataupun oli masuk ke dalam saluran air. Kondisi ini diakibatkan terjadinya korosipada blok silinder head yang membuat beberapa lubang air yang tak beraturan.
Namun hal ini bisa anda perbaiki dengan mengganti silinder head dengan yang baru. Namun jika kondisi oli sudah berwarna kecoklatan dan bahkan bercampur dengan air radiator maka mau tidak mau mobil harus mengalami turun mesin.
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE