www.alijayaservice.blogspot.com

Akibat Lalai Mengganti Oli pada Kendaraan

Service mobil panggilan surabaya,

Melakukan ganti oli mobil menjadi perwatan paling mendasar yang biasanya dilakukan oleh pemilik mobil. Bahkan, bagi orang yang paling malas melakukan perawatan mobil sekalipun, melakukan penggantian oli tetap dilakukan. Sayangnya, biasanya mereka kurang peduli dengan waktu yang tepat untuk mengganti oli dan hanya melakukannya ketika kendaraan akan menempuh perjalanan panjang. Apalagi untuk kendaraan yang cukup jarang digunakan. Menurut mereka, oli mobil akan memiliki kualitas yang tetap bagus selama mobil tidak digunakan.
Namun, benarkah demikian?
Ternyata, anggapan tersebut sangat salah. Sebab, kualitas oli akan tetap menurun meskipun mobi tidak digunakan. Itulah sebabnya, selain jarak tempuh, dalam buku manual mobil juga disebutkan jarak waktu paling pas untuk melakukan penggantian oli. Nah, untuk mobil yang jarang digunakan tapi sekalinya digunakan untuk menempuh jalan yang memiliki tingkat kemacetan tinggi, selain jarak dan waktu, Anda juga harus memperhatikan rpm dari mobil. Karena, meskipun mobil tidak bergerak saat keadaan macet, tetapi mesin tetap bergerak sehingga pelumas tetap bekerja.
ganti oli mobilMemang apa sih bahayanya tidak mengganti oli tepat pada waktunya? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:
  • Oli yang sudah lama pasti mengandung kotoran dan hal inilah yang akan berisiko menyumbat saluran oli sehingga oli tidak mampu mengalir dengan lancar. Akibatnya, komponen mesin tidak memiliki suplai oli yang cukup untuk melumasi saat sedang bekerja dan membuat usia pakai mesin semakin pendek.
  • Selain tidak berfungsi maksimal akibat terhambat, oli yang sudah terlalu lama akan semakin hitam, kental, dan kehilangan sifat pelumasnya. Sehingga meskipun oli dapat mengalir dengan lancar menuju mesin, tetap tidak akan bisa melumasi mesin secara maksimal.
  • Tidak terlumasinya mesin mengakibatkan kinerja mesin semakin berat. Akibatnya, mesin akan membutuhkan sumber tenaga tambahan yang berasal dari BBM sehingga membuat BBM menjadi boros.
  • Mesin yang tidak terlumasi dengan maksimal oleh oli akan menjadi panas akibat daya gesek yang cukup besar. Selain itu, oli juga memiliki fungsi sebagai salah satu sistem pendingin mesin mobil. Ketika cairan ini tidak diganti tepat waktu, maka oli tidak mampu bekerja secara maksimal sehingga mobil berisiko mengalami overheating.
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE