www.alijayaservice.blogspot.com

Inilah Penyebab Starter Mobil Tidak Menyala

Service mobil panggilan surabaya,

Perlu disadari oleh setiap pengendara mobil, bahwa di perjalanan, mobil tidak akan terus berjalan mulus. Ada saatnya mobil akan mengalami masalah, baik pada sistem rem, starter mobil, mesin maupun komponen mobil lainnya. Sehingga perlu ada sesekali perawatan mesin mobil  rem dan komponen lainnya.
Masalah-masalah yang mungkin dialami sistem pengereman misalnya seperti setir mobil bergetar saat direm, rem cakram mobil panas, serta rem depan mobil lengket. Berbeda dengan rem mobil, masalah yang dialami oleh mesin mobil dapat menyebabkan gangguan ketika berkendara.
Mobil mogok adalah gangguan yang paling umum dialami oleh para pengendara mobil ketika ada masalah pada mesin mobil. Bagi Anda yang mengendarai mobil dan menjumpai mobil Anda tidak mau distarter atau mogok, maka jangan khawatir. Sebab, hal itu merupakan salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada kendaraan roda empat. Ketika situasi tersebut terjadi, maka Anda tidak perlu panik.
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu, kemudian melakukan perbaikan. Mengatasi mobil yang tidak bisa distarter memang sering membingungkan, karena tidak semua orang mengerti otomotif. Akhirnya, bengkel mobil pun  menjadi solusi akan masalah ini. Padahal sebenarnya ada beragam cara yang bisa Anda lakukan sendiri.

Starter Mobil Tidak Menyala

Untuk menyelesaikan masalah mobil yang tidak bisa distarter, terlebih dahulu tentu Anda harus mencari tahu akar masalahnya. Ada beberapa penyebab mobil tidak mau distarter. Hal ini penting untuk Anda ketahui sebagai pemilik kendaraan untuk berjaga-jaga.
Komponen Starter Mobil, sumber ig sm_auto

Beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter, diantaranya aki yang mulai lemah, dinamo starter yang bermasalah, busi, kabel busi, dan koil mobil yang rusak, kompresi silinder rendah dan choke bermasalah, serta injektor yang kotor dan tersumbat oleh debu.
Lantas, bagaimana cara memperbaiki mobil yang tidak mau distarter? Berikut beberapa tips memperbaiki mobil yang tidak mau distarter yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Mengecek Kondisi Aki

Tips pertama yang bisa Anda lakukan yakni mengecek kondisi aki mobil. Pasalnya komponen ini merupakan bagian penting dari sistem kelistrikan sebuah kendaraan. Jadi , tanpa aki, mobil tidak akan bisa berfungsi. Pemeriksaan dilakukan dengan mengecek kondisi level air aki serta memeriksa tegangan listrik.

2. Mengecek Dinamo Starter

Tips berikutnya untuk memperbaiki mobil yang tidak mau distarter yang bisa Anda lakukan sendiri adalah mengecek dinamo starter. Bagian ini berguna untuk menggerakkan mesin sehingga mesin dapat tetap berfungsi normal.
Starter Mesin Mobil, sumber ig travelawesone

3. Memeriksa Kondisi Fuel Pump

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi kendaraan roda empat yang bermasalah adalah dengan memeriksa kondisi fuel pump di layar Multi Information Display (MID) yang berada di dasbor. Hal ini bisa dilihat dari indikator check engine di speedometer yang ada di MID.
Jika komponen ini kotor, maka akan mempengaruhi mobil saat distarter. Namun, untuk memeriksanya secara detail, ada baiknya jika menggunakan jasa montir agar bisa dibersihkan dan dikalibrasi ulang sehingga mobil bisa kembali bekerja secara efektif.

4. Memeriksa Kondisi Sekring

Ketika kendaraan roda empat Anda mengalami masalah, dimana mesin tidak bisa menyala, ada baiknya jika memeriksa kondisi sekring. Cara ini dilakukan apabila Anda telah mengecek komponen aki dan karburator. 
Sekring sendiri terbagi menjadi dua, yaitu kutub positif dan kutub negatif. Periksalah kedua kutub tersebut. Mengecek apakah ada kabel yang putus atau tidak. Jika bingung, tidak ada salahnya untuk menghubungi montir di bengkel terdekat Anda.

5. Mengontrol Keadaan Karburator

Bukan hanya itu, tips memperbaiki mobil tidak mau distarter lainnya yaitu dengan mengontrol keadaan karburator. Komponen ini sama pentingnya dengan aki. Karburator berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara serta bahan bakar ke dalam saluran isap mesin mobil. Jika karburator kotor, maka kondisi ini akan menghambat proses starting mesin mobil.
Demikian ulasan mengenai tips perawatan mobil  yang tidak mau distarter yang bisa Anda lakukan sendiri. Dengan mengetahui penyebab dan cara memperbaikinya tentu ketika Anda menjumpai kejadian tersebut sudah tidak akan panik lagi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.
Tips Modifikasi Interior Mobil Untuk Kenyamanan

Tips Modifikasi Interior Mobil Untuk Kenyamanan

Interior mobil merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan kenyamanan Anda saat berkendara di dalam mobil. Interior bawaan pabrik biasanya terkesan monoton dan “begitu-begitu” saja sehingga terkadang bisa jadi sedikit membosankan bagi para pecinta otomotif. Karenanya, banyak dari pecinta otomotif melakukan modifikasi interior mobil agar nyaman saat berkendara.
Salon interior mobil bisa menjadi pilihan yang bagus, terutama bila Anda berkendara setiap hari dengan mobil Anda. Kondisi di dalam mobil yang terasa nyaman, bersih dan menyenangkan di mata, membuat setiap perjalanan menjadi menyenangkan. Dengan catatan, jika Anda dapat mengabaikan kemacetan lalu lintas dan pengemudi lain di jalan.
Terlepas dari fakta bahwa setiap tipe dan seri mobil sudah dilengkapi beragam model, fasilitas, dan fitur yang lengkap, tidak sedikit orang yang melakukan modifikasi dengan menambahkan sejumlah perubahan pada mobil mereka. Alasannya, mobil yang sudah dimodifikasi dalam gaya atau tema tertentu dapat lebih mencerminkan kepribadian pemiliknya. Hal ini berlaku bagi modifikasi bagian eksterior maupun interior.
Headliner Pada Mobil, sumber ig westminsterautoupholstery

Meski pengecatan ulang atau pemberian aksesori di bagian eskterior bisa membuat mobil terlihat lebih bergaya, modifikasi interior mobil juga tidak kalah penting. Penambahan sejumlah fitur atau unsur dekoratif di bagian dalam mobil dianggap dapat meningkatkan mood dan kenyamanan pengemudi serta penumpang saat berkendara atau dalam perjalanan. 

Tips Modifikasi Interior Mobil

Ada banyak aksesoris atau variasi di pasar yang bisa Anda pilih untuk modifikasi interior mobil Anda, Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan budget yang ada saja. Namun, bila Anda masih bingung, berikut beberapa poin yang bisa Anda modifikasi pada bagian dalam mobil Anda.

1. Headliner

Modifikasi interior mobil yang pertama adalah modifikasi pada bagian atap kabin (headliner). Modifikasi ini akan benar-benar mengubah penampilan interior mobil Anda. Anda bisa membuat kodifikasi dengan tampilan bintang atau membuat atap yang mewah dengan bahan kulit yang lux. 
Apabila Anda kreatif, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Ada banyak video tutorial tentang hal ini, tapi bila Anda ingin hasil yang pasti, serahkan pada bengkel variasi yang sudah terbukti.
Sarung Jok Pada Mobil, sumber ig hardy__classic

2. Sarung Jok

Modifikasi mobil  pada bagian interior selanjutnya adalah pada sarung jok atau cover jok. Kustomisasi kursi atau jok ini akan dapat langsung mengubah tampilan interior mobil Anda secara instan. Ada banyak pilihan variasi sarung jok yang bisa Anda pilih. Tinggal Anda sesuaikan saja warnanya dengan warna tema mobil Anda.
Walaupun warna adalah masalah selera, tapi tetap perhatikanlah kesesuaian warnanya secara keseluruhan. Pilih juga bahan yang tidak panas, karena Anda akan duduk lama di atas sarung jok tersebut.
Sarung Stir Pada Mobil, sumber ig ajv_variasi
Sarung Stir Pada Mobil

3. Sarung Stir

Jika stir atau roda kemudi Anda agak kusam, cara terbaik adalah menutupnya. Sama seperti tips untuk memilih sarung jok, pilihan warna akan memberikan tampilan yang lebih mewah, misalnya dengan efek kayu, kulit atau alternatif kasmir. Sedangkan bahan yang baik dengan grip yang baik pula akan membuat nyaman saat Anda mengontrol mobil di jalan.
Dashboard Pada Mobil, sumber ig _bokeh_exolution_
Dashboard Pada Mobil,

4. Dashboard

Modifikasi interior selanjutnya adalah pada bagian dashboard atau dasbor. Jika dasbor Anda tampak sedikit usang atau jika Anda hanya ingin memodifikasinya, langsung saja bawa ke bengkel variasi mobil pilihan Anda karena bagian ini perlu penanganan ahlinya.
Persneling pada Mobil, sumber ig sh2orc
Persneling pada Mobil,

5. Tongkat Perseneling

Modifikasi interior mobil yang mudah lainnya ada pada tongkat perseneling. Anda dapat membeli penutup variasi pada bagian ini. Tapi yang harus diperhatikan adalah kenyamanan atau pegangannya jangan sampai membuat anda malah kesulitan.
Lantai LED pada mobil, sumber ig Sarung Jok Pada Mobil, sumber ig hardy__classic
Lantai LED pada mobil

6. Lampu Lantai LED

Lampu LED pada lantai tersedia dalam berbagai warna, lampu lantai LED akan menambahkan cahaya romantis ke mobil Anda dan membuat malam Anda lebih berwarna.
Pedal Mobil, sumber ig 79_project
Pedal Mobil, sumber ig @79_project

7. Pedal

Mengganti pedal dengan aksesoris ini mudah tapi akan tampak menyenangkan. Apabila Anda suka dengan tema sport, maka ganti dengan pedal mobil balap.
Demikian ulasan mengenai beberapa tips modifikasi interior mobil yang bisa Anda lakukan agar mobil Anda akan terlihat lebih elegan dan yang terpenting tentunya nyaman saat dibawa berkendara atau perjalanan panjang. Semoga informasi ini bermanfaat. Simak terus informasi body repair
5+ Layanan Salon Mobil Yang Patut Anda Coba

5+ Layanan Salon Mobil Yang Patut Anda Coba

Merawat mobil tidak hanya tentang mesin dan komponen-komponen yang mendukung performa mobil. Penampilan interior dan eksterior juga tentu butuh perhatian agar mobil tetap terlihat bersih dan kinclong.
Sebenarnya, perawatan mobil bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, banyak juga pemilik mobil yang membawa mobil mereka ke salon mobil agar mendapatkan layanan salon mobil dengan hasil perawatan yang maksimal.
Jadi, bukan hanya manusia saja yang butuh perawatan ke salon, mobil juga butuh perawatan ke salon. Terlebih bagi Anda yang menginginkan mobil Anda memiliki tampilan yang kinclong dan wangi di eksterior hingga bagian interior. 
Ada beberapa layanan salon mobil yang ditawarkan untuk konsumennya, seperti cleaning dan detailing. Beberapa salon mobil menawarkan jasanya di internet dan anda bisa mencari informasi tentang salon mobil di internet. Saat ini penggunaan website sudah umum dilakukan oleh bengkel dan salon mobil profesional.
Namun, untuk lebih jelasnya Anda bisa simak ulasan berikut ini.
Layanan Salon Mobil
Aktifitas salon mobil.

1. Cleaning

Layanan pertama yang pasti tersedia di salon mobil adalah cleaning. Layanan ini meliputi seluruh bagian mobil, mulai dari eksterior, interior, hingga bagian mesin. Ada berbagai teknik cleaning yang dipakai oleh salon mobil, mulai dari cuci mobil biasa, snow washdry wash, dan lain-lain.
Khusus untuk cuci mesin atau engine cleaning, jangan lakukan di sembarang tempat karena sangat sensitif. Jika air sampai masuk ke ruang udara, otomatis air juga akan sampai ke ruang bakar yang nantinya dapat menimbulkan masalah pada mesin.

2Detailing

Detailing adalah teknik perawatan mobil untuk mempercantik tampilan kendaraan. Teknik yang digunakan biasanya adalah polish atau poles (polish) dan waxing. Poles bertujuan untuk menghilangkan permukaan yang kusam pada cat mobil.
Proses pengerjaannya lebih kepada perawatan mobil agar tidak kusam dengan cara mengikis lapisan cat. Untuk itu, jangan memoles mobil terlalu sering karena akan membuat cat mobil Anda semakin tipis.

3. Waxing

Waxing merupakan perawatan dan perlindungan pada cat mobil. Layanan ini akan menjaga permukaan cat mobil Anda dari jamur atau waterspots, noda, baret-baret halus, dan lain-lain. Cara kerja waxing adalah dengan memberikan wax sebagai proteksi terhadap cat mobil.
Wax akan menjadikan warna cat mobil semakin cerah serta berkilau. Biasanya, salon mobil professional akan menggunakan mesin yang bergerak memutar untuk menggosokkan wax ke bodi mobil. Wax memiliki kemampuan melindungi mobil dari paparan sinar matahari.

4Coating

Apabila mobil membutuhkan perlindungan lebih setelah dipoles dan waxing, Anda dapat menggunakan layanan coating. Ada dua jenis coating yang biasanya dipakai oleh pemilik mobil, yaitu nano ceramic dan nano coating.
Nano coating merupakan cara untuk melapisi body mobil dengan cairan berkandungan khusus yang berukuran nano. Cairan ini akan menjaga cat mobil Anda dari oksidasi dan paparan kimia lainnya.
Di sisi lain, jenis lainnya yaitu ceramic coating. Cara ini akan memberikan perlindungan lebih dengan cara melapisi permukaan cat mobil menggunakan cairan berkandungan keramik khusus.
Ceramic coating dianggap memberikan proteksi lebih baik pada cat mobil ketimbang nano coating. Selain memberikan proteksi kepada cat mobil, ceramic coating juga akan mempermudah aliran air hujan yang membasahi mobil Anda, layaknya air di daun talas.

5Fogging

Fogging sangat cocok digunakan untuk merawat interior mobil agar kabin mennjadi wangi dan segar. Sebelum di-fogging, mobil akan dibersihkan terlebih dahulu agar kotoran tidak tercampur saat dilakukan fogging.
Setelah dibersihkan, mobil harus dinyalakan karena fogging membutuhkan AC dan hembusan angin dalam pengerjaannya, supaya ada sirkulasi udara. Teknik ini sangat berguna untuk membunuh bakteri yang terdapat di dalam kabin mobil Anda.

6Fumigator

Setelah di-fogging, salon mobil biasanya juga akan menawarkan layanan fumigator. Ini berguna untuk membasmi serangga yang bersembunyi di dalam kabin mobil Anda.
Waktu pengerjaannya, layanan fogging dan fumigator membutuhkan waktu sekitar 30 menit atau setengah jam dan dapat bertahan hingga tiga minggu atau sebulan. Tergantung pemakaina mobil Anda. 
Layanan Salon Mobil
Penampilan mobil harus diperhatikan agar terkesan lebih bersih
Demikian ulasan mengenai layanan salon mobil yang patut Anda coba. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba layanan salon mobil tersebut? Tetapi ingat, jangan lupa, pilihlah salon mobil yang terpercaya agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.
Penggunaan Website Untuk Marketing Bengkel Mobil

Penggunaan Website Untuk Marketing Bengkel Mobil

Saat ini merupakan era industri digital yang banyak orang menyebut dengan zaman post=modern dimana kita sudah melampaui zaman moern. Efek yang bisa dilihat dari perkembangan industri digital adalah banyaknya penggunaan gadget yang kini menjadi kebutuhan. Berkembangnya industri digital juga membuka peluang penggunan website untuk marketing bengkel mobil.
Penggunaan website untuk marketing bengkel mobil untuk saat ini bukan menjadi hal aneh lagi. Jika penjual makanan atau warung makan saja ada yang membuat website untuk mempromosikan produknya maka penggunaan website untuk marketing bengkel bukan hal aneh. Bahkan dengan membuat website anda bisa mengambil celah peluang yang selama ini tidak terpikirkan.

Keuntungan Penggunaan Website Untuk Marketing Bengkel Mobil

Penggunaan website untuk marketing bengkel mobil memiliki beberapa keuntungan daripada penggunaan marketing konvensional. Dibawah ini keunggulan penggunaan website bengkel mobil.

Tidak perlu marketing konvensional

Ketika membuat website untuk promosi bengkel maka sebenarnya sudah tidak perlu lagi menggunakan media promosi konvensional seperti brosur, spanduk dan sebagainya. Segala informasi, penawaran, harga dan berbagai informasi yang dibutuhkan konsumen bisa di tampilkan pada website.
Pada bengkel cat mobil misalnya, anda bisa mencantumkan harga, proses bahkan informasi tentang  nano keramic coating dan pengaplikasiannya pada artikel website anda. jika hal itu ditulis pada pbrosur tentu membutuhkan space yang berlembar-lembar.

Bisa menunjukkan spesialisasi

Ketika menggunakan website untuk marketing bengkel mobil, segala informasi bisa di cantumkan termasuk informasi tentang spesialisasi pekerjaan yang dikerjakan bengkel tersebut. Misal saja bengkel khusus cat mobil maka spesialisasi pekerjaan ini bisa diinformasikan pada website dengan media gambar, kalimat atau video. Tunjukan kepada calon konsumen bahwa bengkel anda adalah bengkel mobil sepesialis pekerjaan tertentu dan penanganannya secara profesioal.
Jika konsumen mengakses website bengkel cat mobil maka konsumen akan percaya bahwa bengkel cat mobil tersebut benar-benar spesialisasi dalam hal pengecatan mobil ketika menyaksikan video pada website tersebut. Maka anda bisa memaksimalkan website tersebut dengan berbagai konten.

Optimasi mesin pencari

ini juga tidak kalah penting, dengan melakukan optimasi mesin pencari maka anda bisa melakukan ‘penguasaan’ kata kunci pada satu area. Misal saja bengkel anda khusus menangani mobil VW maka anda bisa memaksimalkan kata kunci ‘bengkel VW profesional Jogja’. Sehingga ketika seseorang melakukan pencarian di mesin pencari yang akan tampil adalah website bengkel anda dengan segala informasi yang dibutuhkan konsumen.

Sesuaikan dengan menggunakan map

Pada gadget tiap orang pasti ada aplikasi Google map. Anda bisa mendaftar bisnis anda pada Google map. Sehingga ketika seseorang melacak posisi bengkel anda atau mencari jasa bengkel mobil terdekat maka yang ditampilkan adalah posisi bengkel mobil anda pada map. Google map hanya akan menampilkan informasi sekedarnya. Maka penggunaan tautan website pada Google map sangat diperlukan agar kunjungan ke website bengkel mobil anda meningkat.

Tidak harus berlokasi strategis

Ketika sudah tercantum di dalam Google map, sudah menguasai kata kunci lokal di suatu kota maka display bengkel di pinggir jalan raya yang ramai sudah tidak diperlukan lagi. Calon konsumen baru jika memilih bengkel mobil dan menjatuhkan pilihan pada bengkel anda kemudian berkenan datang ke bengkel tentu akan melacak posisi bengkel menggunakan Google map. Dan dengan pelayanan bengkel yang profesional maka review yang akan diberikan oleh pelanggan pada Google map akan di lakukan dengan review yang positif. Dan hal ini lebih efektif menjadikan bengkel mobil menjadi terpercaya dari pada penggunaan lokasi strategis.
Mneguunakan website untuk marketing bengkel Mobil
Bengkel Mobil khusus mobil sport. Sumber Unsplash
Itulah beberapa keuntungan menggunakan website untuk marketing bengkel mobil yang bisa disampaikan. Pada saat ini beberapa jasa pembuatan website profesional di Jogja juga menangani pembuatan website bengkel mobil. Maka hal ini menjadi indikasi bahwa bengkel mobil di Jogja telah memasuki pasar digital dalam marketingnya.
Beberapa Type Bengkel Mobil Spesialis

Beberapa Type Bengkel Mobil Spesialis

Perkembangan dunia otomotif sangat pesat. Seiring dengan bertambahnya jenis kendaraan yang dirilis berbagai produsen mobil maka bertambah pula perusahaan jasa yang berkaitan erat dengan otomotif, salah satunya bengkel mobil spesialis. Mulai dari menangani khusus merk tertentu sampai menangani masalah tertentu pada mobil.
Bengkel mobil spesialis di Jogja juga berkembang dengan pesat. Jogja yang merupakan kota pelajar dan budaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang mengalami laju pertumbuhan kendaraan tertinggi di Indonesia. Itulah mengapa di jalan raya kota Jogja semakin lama semakin padat.
Kepadatan kendaraan di Jogja menjadi tolok ukur jumlah kendaraan yang ada. Hal ini dimanfaatkan oleh sebagian orang dengan membuka bengkel mobil baik bengkel ,obil umum atau bengkel mobil spesialis.

Type Bengkel Mobil Spesialis

Berikut ini merupakan berbagai pilihan bengkel mobil spesialis yang apat melayani mobil dengan merk dan kerusakan tertentu.
Bengkel Mobil Spesialis
Mobil VW memiliki banyak penggemar dan bengkel khusus VW ada di berbagai tempat. Sumber unsplash

Bengkel mobil spesialis merk tertentu

Bengkel seperti ini biasanya adalah bengkel resmi dari merk mobil tertentu baik perawatan mobil manual atupun yang memiliki transmisi otomatis. Misalnya saja merk Nissan, Honda, Toyota dan sebagainya. Bengkel ini hamya menjual suku cadang orisinil dari merk yang menjadi spesialisasinya.
Akan tetapi ada juga bengkel yang memiliki spesialisasi dalam merk mobil tertentu dan bukan merupakan bengkel resmi merk tersebut. Misal saja bengkel khusus mobil VW profesional Jogja. Bengkel seperti ini lebih berpengalaman menangani merk VW daripada merk lainnya.

Bengkel mobil spesialis modifikasi, variasi dan custom

Bengkel khusus modifikasi dan variasi merupakan bengkel yang sanggup ‘mengoprek’ kendaraan tertentu dan disulap menjadi kendaraan yang memiliki bentuk dan spesifikasi lain.
Misal saja bengkel mobil spesialis audio pada mobil atau bengkel khusus restorasi mobil kuno untuk di buat lebih baru. Pada bengkel ini bisa membuat bentuk mobil dengan tampilan tertentu misal menjadikan mobil kelihatan sporty atau mengubah gaya mobil dengan merubah dan menambah berbagai variasi. Bengkel ini juga biasa disebut bengkel costum.

Bengkel mobil spesialis kerusakan tertentu

Bengkel spesialis mobil ini umum dijumpai di berbagai tempat. Yang menjadi konsen pada bengkel mobil spesialis ini adalah kerusakan pada bagian tertentu pada mobil. Misal saja bengkel mobil spesialis kaki-kaki mobil, atau bengkel mobil spesialis pintu.
Pekerjaan yang cenderung memiliki kekhususan inilah yang menyebabkan bengkel spesialis seperti ini banyak didatangi pelanggan daripada bengkel yang menangani kerusakan keseluruhan pada mobil atau bengkel umum.

Bengkel spesialis mobil balap dan offroad

Kejuaraan offroad di Indonesia tergolong memiliki banyak penggemar daripada balap mobil. Mungkin keterbatasan trek balap mobil yang menjadikan kejuaraan balap mobil jarang diselenggarakan. Bengkel khusus offroad banyak terdapat di berbagai daerah dan biasanya juga memiliki tim balap mobil atau offroad sendiri.
Mobil balap misal Rally memerlukan teknisi yang berpengalaman dalam penanganan mobil balap. Sumber unsplash
Itulah beberapa type bengkel mobil spesialis. Dengan menawarkan spesialisasi tertentu maka pengerjaan akan menjadi baik. Akan tetapi ennergymotorsport menawarkan hal yang berbeda. Bengkel ini memberikan pelayanan all service artinya memiliki kemampuan spesial tetapi melayani sebagian besar kerusakan mobil. Mulai dari penanganan mobil balap, pemasangan variasi dan modifikasi. Untuk lebih jelasnya bisa menelusuri pada website ini.
Simak Tips Perawatan Mesin Mobil Manual Praktis Berikut Ini

Simak Tips Perawatan Mesin Mobil Manual Praktis Berikut Ini

Merawat mesin mobil manual merupakan hal yang sangat utama bagi pengguna mobil. Mobil merupakan alat transportasi yang saat ini digandrungi dan diminati oleh banyak orang. Bahkan, mobil dijadikan kendaraan sehari-hari untuk beraktivitas.
Ketika mobil digunakan berkendara terus menerus setiap saat, mobil tentunya harus tetap dalam keadaan yang prima. Agar menjaga kondisi mobil yang sehat dan prima, tentunya dibutuhkan perawatan mobil yang maksimal dan menyeluruh.

Tips Merawat Mesin Mobil Manual

Bukan hanya mobil bekas, mobil baru pun juga memerlukan perawatan secara berkala, hal itu pun berlaku pula untuk mobil manual. Namun, terkadang banyak orang yang merawatnya secara asal tanpa memperhatikan secara mendetail tentang cara merawat mesin mobil manual dengan benar.
Remote Starter Untuk Mobil, sumber u-electronics.ca
Remote Starter Untuk Mobil, sumber u-electronics.ca
Sehingga terkadang menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada mobil Anda. Agar Anda tidak salah dalam merawat mesin mobil manual Anda. Berikut beberapa tips merawat mesin mobil manual dengan baik dan benar:

1. Mengecek Starter Mobil

Cobalah untuk menghidupkan mobil Anda, bila mobil tidak dapat distarter maka terdapat kerusakan di dalamnya. Hal ini dapat dikarenakan berkurangnya suplai bahan bakar atau udara.
Periksalah saringan (filter) nya dengan cara mencabut filter dan membersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Akan tetapi bila hal tersebut sudah anda lakukan namun mobil Anda belum menyala juga, segera bawa mobil anda ke bengkel terdekat.
Ilustrasi Ganti Oli Mobil, sumber ig sunpetroleum
Ilustrasi Ganti Oli Mobil, sumber ig @sunpetroleum

2. Mengganti Oli Mobil Secara Rutin

Oli merupakan salah satu komponen pendukung yang sangat penting bagi peforma mobil. Untuk melindungi keadaan mesin mobil agar selalu maksimal Anda harus rutin melakukan penggantian oli. Ketentuan penggantian oli biasanya memang berbeda-beda setiap jenis mobil.
Oli mobil biasanya harus diganti setiap 5.000 – 10.000 km untuk memastikan mesin mobil tetap bekerja secara optimal. Salah satu cara mengetahui oli mobil sudah harus diganti adalah dengan meneteskan sedikit oli di tangan Anda dan merasakan apakah terdapat serpihan-serpihan halus di dalamnya.
Jika Anda dapat merasakan serpihan atau kotoran, maka sudah saatnya Anda mengganti oli mobil. Oli tidak hanya mempengaruhi peforma mesin mobil manual Anda saja. Namun juga bertindak sebagai penahan gesekan komponen-komponen di dalam mesin mobil Anda. Sehingga sangat penting untuk mengganti oli secara berkala.
Ilustrasi Mengecek Radiator Mobil, sumber ig kandktirebarn
Ilustrasi Mengecek Radiator Mobil, sumber ig @kandktirebarn
Pastikan memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda. Jika anda kurang memahaminya, Anda dapat berkonsultasi dengan mekanik bengkel-bengkel terdekat.

3. Mengecek Air Radiator

Air radiator berfungsi untuk menetralkan panas dalam mesin mobil Anda. Pastikan untuk rutin mengecek air radiator Anda. Bila air radiator Anda kosong, hal tersebut akan menyebabkan overheat pada mesin sehingga dapat menyebabkan mesin mobil manual Anda rusak.
Tidak hanya itu, kekosongan air radiator dapat juga membahayakan pengemudi mobil. Sehingga penting sekali untuk melakukan pengecekan rutin pada cairan radiator agar peforma radiator sebagai pendingin mesin akan tetap terjaga. Anda dapat mengecek air radiator Anda dengan melihat langsung melalui tutup radiator.
Carburetor Pada Mobil, sumber ig johnowenphotography
Carburetor Pada Mobil, sumber ig @johnowenphotography

4. Membersihkan Filter Karburasi

Apabila mesin mobil Anda susah dinyalakan, itu pertanda bahwa filter karburasi Anda dalam keadaan kotor. Anda dapat membersihkan saringan karburasi Anda dengan mudah. Anda hanya perlu menggunakan sikat gigi untuk melepas kotoran dan kerak yang menempel pada filter karburasi.
Jangan menggunakan hairdryer atau compressor pada saat membersihkan filter karburasi karena hal tersebut dapat menyebabkan resiko kerusakan pada filter karburasi mobil Anda.
Timing Belt Pada Mobil, sumber ig fzgarage911
Timing Belt Pada Mobil, sumber ig @fzgarage911

5. Mengecek Timing Belt

Timing belt merupakan komponen dalam mobil yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang dihubungkan ke bagian internal mesin. Bila terdapat suara dengung atau bising ketika mobil anda dinyalakan maka terdapat kerusakan pada timing belt.
Kerusakan timing belt yang terus dibiarkan akan menyebabkan timing belt putus sehingga komponen-komponen tertentu pada mesin mobil dapat rusak. Selain itu, suplay listrik pada akumulator tidak akan bekerja secara maksimal.
Ilustrasi Tune Up Mobil, sumber ig maraudercentral
Ilustrasi Tune Up Mobil, sumber ig @maraudercentral

6. Melakukan Tune Up Rutin

Anda dapat melakukan tune up di bengkel-bengkel resmi terdekat. Hal ini dapat membuat mesin Anda akan tetap awet. Pada proses tune up, kondisi komponen-komponen vital mesin mobil Anda akan diperiksa secara menyeluruh.

7. Memenuhi Tangki Bensin Mobil

Mungkin hal ini terlihat sepele karena banyak orang yang ternyata tidak pernah mengisi tangki bensinya dengan penuh. Kebiasaan ini dapat menyebabkan bagian atas tangki yang tidak pernah terkena cairan akan dipenuhi dengan kotoran dan kerak.
Kotoran dan kerak ini akan sangat membahayakan apabila tercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke dalam saluran pembakaran. Oleh sebab itu, sesekali isi penuh tangki bensin mobil Anda agar bagian atas tangki tetap bersih dan terhindar dari kerak.
Ilustrasi Mengisi Tangki Bensin Mobil, sumber carmudi.co.id
Ilustrasi Mengisi Tangki Bensin Mobil, sumber carmudi.co.id
Demikian ulasan mengenai tips merawat mesin mobil manual dengan baik dan benar. Tentu dengan perawatan yang baik, mesin mobil Anda pun akan awet dan memiliki performa prima dalam menemani hari-hari Anda. Semoga informasi ini bermanfaat. Nantikan ulasan body repair Jogja selanjutnya di ennergimotorsport.com.
Inilah Perbedaan Mobil Manual dan Matic Yang Perlu Diketahui

Inilah Perbedaan Mobil Manual dan Matic Yang Perlu Diketahui

Saat ini, pilihan mobil matic atau manual memang menjadi salah satu pertimbangan siapa saja yang ingin memiliki mobil. Mobil matic memang salah satu yang paling dicari saat ini. Terdapat juga tawaran mobil matic murah yang sedang diburu oleh siapa saja.
Untuk Anda yang masih bingung untuk memilih membeli mobil matic atau manual, tidak ada salahnya untuk rajin-rajin mencari informasi. Bahkan Anda bisa memilih bukan hanya yang terbarum tetapi mobil seperti mobil matic bekas yang masih oke juga banyak ditawarkan.

Perbedaan Mobil Manual dan Mobil Matic

Mobil merupakan salah satu alat transportasi darat yang saat ini masih diidamkan dan dicari oleh banyak orang. Selain untuk menghindari dari panas dan hujan saat berkendara, mobil mampu memberikan kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, sampai saat ini banyak brand mobil dari berbagai merk yang bermunculan.
Mobil secara umum terbagi menjadi 2 jenis utama, yakni mobil bertransmisi manual dan automatic (matic). Mobil manual dan mobil matic memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengenali perbedaan keduanya tentu penting, apalagi bagi Anda yang hendak membeli mobil. Nah, untuk memilih mana yang lebih baik, maka perlu menyesuaikan juga dengan kebutuhan berkendara Anda. Simak beberapa perbedaannya berikut ini.

1. Harga

Bagi sebagian orang masalah harga biasanya jadi hal yang utama. Jika kita bandingkan, maka memang harga mobil bertransmisi automatic (matic) lebih mahal dibandingkan dengan harga mobil manual. Selain itu, biaya perawatannya-pun terbilang akan lebih mahal mobil matic dibandingkan mobil manual. Hal tersebut bisa dilihat dari harga sparepart dan komponen lain yang ada di mobil tersebut.
Transmisi Mobil Manual, sumber ig canepamotorsport
Transmisi Mobil Manual, sumber ig @canepamotorsport

2. Pengoperasian

Perbedaan yang paling utama antara mobil manual dan mobil matic adalah cara pengoperasiannya. Di dalam mobil manual terdapat 3 pedal, yaitu kopling, rem, dan gas. Sementara di dalam mobil matic hanya terdapata 2 pedal, yaitu rem dan gas.
Saat mengoperasikan mobil manual, perpindahan gigi dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan pedal kopling dan tuas kopling. Sementara mobil matic, saat melakukan perpindahan gigi menggunakan alat yang bernama gearbox tidak perlu lagi menggunakan pedal kopling seperti mobil manual.
Kinerja tangan akan lebih banyak ketika mengendarai mobil manual ketimbang mobil matic, karena mengendarai mobil manual tangan kiri harus selalu aktif dalam memindahkan transmisi, apalagi saat kondisi macet di jalanan menanjak. Kedua tangan dan kaki akan memiliki pekerjaan ekstra.

3. Konsumsi Bahan Bakar

Untuk konsumsi bahan bakar, mobil bertransmisi matic dinilai lebih banyak meminum bahan bakar dibandingkan dengan transmisi manual. Beberapa orang berpendapat, ini disebabkan karena mesin mobil pada transmisi matic akan bekerja lebih berat dibandingkan dengan transmisi manual.

4. Akselerasi

Mobil matic memiliki transmisi yang lebih rumit dibandingkan dengan mobil manual. Sehingga kebanyakan mobil manual memiliki transmisi yang lebih responsif diabandingkan dengan mobil matic. Dikarenakan transmisi yang lebih responsif inilah menyebabkan akselerasi mobil manual lebih cepat. Tak heran, jika mobil manual dirancang untuk digunakan sebagai mobil balap.
Namun karena perkembangan teknologi yang pesat, ada beberapa mobil matic yang dirancang dengan transmisi hampir sama dengan mobil manual. Biasanya mobil matic ini menggunakan sistem CVT (Continous Variable Transmission) dengan transmisi yang menggunakan belt sehingga ukuran rasionalnya dapat memendek dan memanjang secara halus.

5. Kenyamanan Saat Berkendara

Jika bicara mengenai kenyamanan berkendara, ini sifatnya subjektif karena bergantung selera dari setiap pengemudi. Setiap orang akan nyaman mengendarai mobil yang sesuai pilihan dan kebutuhannya. Secara umum, banyak orang lebih nyaman berkendara dengan mobil matic karena saat dikendarai tidak membutuhkan tenaga yang besar sehingga Anda tidak akan merasakan kelelahan.
Transmisi Mobil Matic, sumber ig shivamtrivedij
Transmisi Mobil Matic, sumber ig @shivamtrivedij
Mobil matic memang menawarkan kemudahan dalam berkendara, namun belum tentu semua orang nyaman saat mengendarainya. Namun jika Anda menggunakan jasa supir, memilih mobil manual adalah rekomendasi terbaik karena konsumsi bahan bakarnya akan relative lebih irit.

6. Perawatan

Dari segi perawatan, dana yang dikeluarkan untuk mobil matic lebih mahal dibandingkan mobil manual. Mobil matic dalam perawatannya membutuhkan bantuan teknisi di bengkel sedangkan perawatan mobil manual beberapa kasus bisa dilakukan sendiri.
Sejauh ini mobil matic memang sangat membutuhkan perawatan secara rutin bahkan bisa dibilang sering dibandingkan dengan mobil manual. Semua itu pasti mengeluarkan budget yang tidak sedikit, sehingga bagi Anda pemilik mobil matic setidaknya harus melakukan pengecekan rutin agar mobil matic yang dimiliki awet dan nyaman digunakan dalam kesehariannya.
Itu dia berbagai perbedaan antara mobil manual dan mobil matic. Semoga bisa menjadi informasi yang dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan. Simak berbagai ulasan bengkel mobil lainnya di ennergimotorsport.com.
10 Bagian Ini Perlu Diperhatikan Saat Modifikasi Mobil Tua Anda

10 Bagian Ini Perlu Diperhatikan Saat Modifikasi Mobil Tua Anda

Modifikasi mobil tua menjadi salah satu jenis modifikasi dalam dunia modifikasi mobil. Biasanya mobil yang sudah ketinggalan zaman dengan produk keluaran baru dirubah sedemikian rupa sehingga bisa menjadi kendaraan yang memenuhi standar kendaraan keluaran baru.
Untuk Anda yang memiliki mobil tua, Anda perlu mengetahui bagian mana pada mobil Anda yang harus disesuaikan dengan mobil keluaran baru. Selain untuk memperindah penampilan, modifikasi mobil tua ini juga bisa menjadikan mobil tua kesayangan Anda menjadi tetap bisa digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari Anda.

Bagian Mobil Tua Yang Dimodifikasi

Modifikasi mobil tua bisa menambah nilai bagi kendaraan. Saat ini modifikasi mobil tua menjadi salah satu genre dalam kontes modifikasi mobil. Nah, bagian yang mana saja yang biasa dimodifikasi pada mobil tua? Simak ulasan berikut ini.

1. Velg dan Ban

Ilustrasi Velg dan Ban, sumber ig nexussova
Ilustrasi Velg dan Ban, sumber ig @nexussova
Velg dan Ban adalah yang paling sering dimodifikasi. Selain karena faktor tampilan, modifikasi pada velg dan ban mampu menambah performa mobil sehingga bisa menjadi lebih prima dan tangguh di medan apapun.

2. Audio

Audio Mobil, sumber ig kondrashin88
Audio Mobil, sumber ig @kondrashin88
Meskipun hanya sebagai pelengkap, namun setiap mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan audio standar. Apalagi untuk mobil tua kesayangan Anda, modifikasi audio diperlukan untuk kualitas audio yang lebih prima.

3. GPS

Ilustrasi GPS pada mobil, sumber ig navitel.poland
Ilustrasi GPS pada mobil, sumber ig @navitel.poland
Standar lainnya pada mobil keluaran terbaru adalah GPS. GPS memang teknologi terbaru terlebih lagi dalam menjadi bagian pada mobil. Sedangkan mobil tua sama sekali tidak dilengkapi GPS.

4. Kaca Film

Ilustrasi Kaca Mobil, sumber ig podchong
Ilustrasi Kaca Mobil, sumber ig @podchong
Terdapat jenis kaca mobil, salah satunya kaca film. Dengan kaca film yang modern, mobil tua bisa terlihat lebih remaja. Karena tentu saja, umur penggunaan kaca film akan lebih dulu kedaluwarsa dibandingkan umur kendaraan mobil. Maka, sudah pasti kaca film yang sudah lama harus diganti.

5. Lampu Kabin

Lampu Kabin Mobil, sumber : kumparan
Lampu Kabin Mobil, sumber : kumparan
Lampu kabin atau juga disebut Daytime Running Lights saat ini sangatlah penting, bahkan wajib di berbagai negara. Karena memang dibutuhkan pada saat-saat tertentu. Maka, lengkapi mobil tuamu dengan lampu kabin.

6. Karpet

Karpet Mobil, sumber ig eva_kovry_brest
Karpet Mobil, sumber ig @eva_kovry_brest
Karpet merupakan interior yang memberikan kenyamanan. Meski tidak berkaitan langsung dengan fungsi berkendara, namun kenyamanan bisa memberikan nilai lebih dalam berkendara.

7. Klakson

Klakson Mobil, sumber ig rumahartikel.info
Klakson Mobil, sumber ig @rumahartikel.info
Klakson harus diremajakan agar suaranya menjadi sesuai standar. Selain itu, saat ini tersedia klakson dengan suara jenis lain. Karenanya Anda bisa memodifikasi sesuai kebutuhan.

8. Kamera Parkir

Kamera Parkir, sumber : alibaba.com
Kamera Parkir, sumber : alibaba.com
Jika kalian melihat mobil dengan harga di atas 200 juta, pasti mobil tersebut memiliki fitur ini. jadi, mobil tuamu akan menjadi modern jika ditambahkan kamera parkir ini. Fitur ini memberikan keamanan saat parkir kendaraan sehingga benturan dan kerusakan bisa dicegah.

9. Charger

Wireless Car Charger, sumber ig feverguyhk
Wireless Car Charger, sumber ig @feverguyhk
Saat maraknya penggunaan gadget seperti sekarang ini, kebutuhan daya pada gadget menjadi yang utama. Mobil-mobil keluaran terbaru sudah memiliki charger untuk keperluan tersebut. Maka, tidak ada salahnya untuk menjadi bagian yang ditambahkan pada mobil Anda.

10. Peredam Suara

Peredam Pada Mobil, sumber ig glasswoolperedamsuara.wordpress.com
Peredam Pada Mobil, sumber : glasswoolperedamsuara.wordpress.com
Peredam suara adalah fitur modern yang baru-baru ini menjadi bagian dalam dunia modifikasi mobil bagian audio. Fitur ini memang berfungsi, bukan hanya sebagai pelengkap, namun fitur tambahan audio yang menjadikan fungsi audio lebih efisien.
Itu dia berbagai bagian untuk diperhatikan dalam modifikasi mobil tua. Semoga ulasan ini bisa memberikan tambahan informasi bagi pecinta otomotif sekalian. Simak berbagai artikel ennergi lainnya di halaman kami ya.
Inilah Informasi Tentang Jenis Kaca Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Informasi Tentang Jenis Kaca Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Kaca mobil tentu saja merupakan salah satu bagian yang penting bagi kendaraan mobil. Pabrikan akan memilih jenis kaca mobil yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan mobil keluarannya agar ketika dipasarkan akan memenuhi standar keamanan. Standar keamanan inilah yang nantinya menjadi salah satu faktor pertimbangan konsumen dalam membeli produk mereka.
Bagi para pemilik mobil, keamanan dalam berkendara tentu saja menjadi faktor utama. Meskipun kendaraan mobil sudah dirancang sebagai moda transportasi yang aman sesuai standar pabrikannya, tidak ada salahnya untuk menambahkan fitur-fitur tertentu yang menambah safety pada saat mengendarai mobil. Misalnya seperti pada kaca mobil.
Nah, apa saja sih jenis kaca yang biasa dipakai ada mobil? Apa perbedaannya serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing? Berikut ini bengkel mobil Jogja akan mengulas informasi seputar jenis-jenis kaca mobil yang biasa dipakai.

Jenis Kaca Mobil

Kaca mobil bukan sebagaimana kaca biasa yang dipakai pada tempat-tempat seperti jendela, cermin dan tempat-tempat lainnya. Kaca mobil didesain khusus untuk bisa reliable pada kendaraan transportasi. Meski terbilang lebih kuat, jenis kaca mobil tetap bisa dipecahkan. Karena sebenarnya bukan hanya kaca mobil yang menjadi pelindung satu-satunya saat berkendara menggunakan mobil.
Kaca mobil yang biasa dipakai memiliki dua jenis. Kedua jenis kaca mobil ini memiliki perbedaan maupun kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jenis kaca mobil yang biasa dipakai antara lain kaca tempered dan kaca laminated.

1. Kaca Tempered

Jenis Kaca Mobil, sumber ig windscreendiscounter
Jenis Kaca Mobil Tempered, sumber ig @windscreendiscounter
Kaca Tempered adalah kaca yang lebih kuat daripada kaca biasa karena proses produksinya, yaitu dengan proses pemanasan bersuhu hingga mencapai 650 derajat celcius dan langsung didinginkan seketika.
Karena kekuatannya, kaca tempered menjadi sulit untuk dipecahkan. Namun bukan tidak bisa pecah sama sekali. Pada kendaraan besar seperti bus, kaca tempered didesain untuk bisa dipecahkan pada kondisi darurat.
Kaca tempered akan pecah jika tertembus benda tajam hingga 1/6 ketebalannya. Ketika ditembus meskipun dengan benda yang kecil, seluruh bagian kaca akan pecah berkeping-keping seperti biji jagung yang tajam. Namun tentu saja kaca yang dipasang pada bagian samping dan belakang kendaraan mobil ini tetap tidak mudah pecah.

2. Kaca Laminated

Jenis Kaca Mobil Laminated Pada Mobil, sumber ig 801utv
Jenis Kaca Mobil Laminated Pada Mobil, sumber ig @801utv
Selanjutnya adalah Kaca Laminated. Kaca laminated adalah dua lapis kaca yang disisipkan lembaran film, yaitu Polyvinyl Butiran Film (PVB) yang biasanya dipasang pada windshield atau kaca bagian depan mobil. Kaca ini tidak mudah pecah karena lembaran film yang merekat ditengah-tengahnya mampu menahan benturan sampai kondisi tertentu.
Apabila terkena benturan yang menyebabkannya pecah, kaca laminated tidak terpecah berkeping-keping sebagaimana kaca tempered. Tetapi terpecah tetap dalam bentuk lembaran karena rekatan film. Film ini juga berfungsi untuk melindungi dari sinar ultra violet pada saat berkendaraan dalam kondisi terik matahari.
Demikian ulasan terkait jenis kaca yang biasa dipakai pada kendaraan mobil. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat terutama untuk safety dalam berkendara. Simak juga ulasan bengkel mobil lainnya di halaman ennergimotorsport.com.
Ternyata Inilah Cara Merawat Wiper Mobil Dengan Benar

Ternyata Inilah Cara Merawat Wiper Mobil Dengan Benar

Bagi anda yang memiliki kendaraan khususnya mobil pasti sudah mengetahui tentang wiper. Wiper adalah salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi untuk membersihkan kaca mobil saat berkendara untuk memudahkan kita. Terlebih lagi pada kondisi hujan ataupun berkabut, tentu kita tidak bisa membersikan sendiri air hujan yang terus terusan ada di kaca mobil.
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE