www.alijayaservice.blogspot.com

Lebih Baik Mana, Beli Aki Kering atau Aki Basah?

Service mobil panggilan surabaya,

Seperti yang sangat jelas diketahui, aki merupakan salah satu komponen paling penting yang tidak dapat dipisahkan dari mobil. Gimana mau pisah, aki sendiri berfungsi sebagai media penyalur energi listrik ke seluruh komponen mesin mobil. Mulai dari; klakson, starter, lampu, pengapian, dan sebagainya. Tanpa adanya aki ini tentu mobil tidak akan dapat beroperasi dengan baik, maka dari itu berapapun harga aki mobil pasti akan dibeli oleh pengendara.
aki kering dan aki basahNah, bicara mengenai aki mobil, tahukah Anda di Indonesia terdapat dua jenis aki, yaitu aki kering sekaligus aki basah. Apakah kedua aki ini memiliki perbedaan? Mari, kita simak ulasannya di bawah ini, check it out:
  1. Aki Basah. Aki basah atau biasa disebut dengan aki konvensional merupakan jenis aki yang kerap digunakan pengendara untuk mobil mereka. Aki basah ini memiliki sifat lebih cepat menguap karena menggunakan elektroda berbentuk cairan. Karena ada cairan di dalam aki ini, maka ketika memasangnya di dalam mobil harus dalam posisi tegak lurus. Jika tidak, nanti malah cairan yang terdapat di dalam aki tumpah dan lama-kelamaan mengakibatkan komponen di sekitar aki karatan. Yang paling menguntungkan, aki ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, namun perlu perawatan khusus seperti misalnya mengecek kondisi aki, melihat ketinggian air, membersihkan sisi kutub positif negatif aki dari karatan, dan sebagainya.
  2. Aki Kering. Seiring perkembangan zaman, aki pun kini sudah dibuat dalam bentuk kering. Sama halnya dengan aki basah, aki kering juga berfungsi menyimpan sekaligus menyalurkan energi listrik ke semua komponen mesin mobil. Namun, perbedaannya aki kering ini berbentuk gel sehingga tidak perlu dilakukan penambahan layaknya aki basah yang selalu ditambah air biasa. Menariknya, penggunaan aki ini lebih praktis, minim perawatan, dan tahan lama dibandingkan dengan aki basah. Untuk itu, tidak mengherankan banyak pengendara yang memilih aki satu ini. Meskipun demikian, aki kering tentu harus selalu dirawat dengan cara gunakan elektrik starter, selalu memanaskan mobil, dan masih banyak yang lainnya.
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE