Perbedaan Pelumas Sintetik dan Pelumas Mineral

Service mobil panggilan surabaya,

Pelumas atau dikenal dengan oli pelumas merupakan bagian terpenting yang harus ada pada mobil maupun truk tambang. Tanpa ada oli pelumas ini, maka komponen mesin di kendaraan pun tidak akan bisa bergerak dengan semestinya sekaligus tidak akan mampu melumasi komponen lainnya. Karena itulah, keberadaan pelumas ini sangat penting pada kendaraan. Namun demikian, tahukah Anda, ternyata pelumas ini terdiri dari banyak jenis loh, seperti pelumas sintetik dan pelumas mineral.
pelumas sintetik dan mineralLantas, apakah kedua pelumas ini memiliki perbedaan atau sama saja mengingat fungsinya sebagai media untuk melumasi komponen-komponen mesin di mobil. Mari, kita cari tahu jawabannya di bawah ini, here we go! (dikutip dari: balaiiklan.com)
  1. Pelumas sintetik. Pelumas sintetik merupakan salah satu jenis pelumas yang kerap digunakan untuk melumasi mesin kendaraan. Pelumas ini diproduksi dengan teknologi yang sangat canggih sehingga menghasilkan cairan pelumas yang berkualitas tinggi. Biasanya, bahan baku utama dari pelumas sintetik ini seperti ester, nafalen, benzene alkilasi, polyester, sintetis non-PAO, dan lain sebagainya. Untuk harganya sendiri pelumas ini memang terbilang cukup mahal bila dibandingkan pelumas mineral, namun demikian terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh pelumas satu ini, seperti:
  • Membantu membersihkan kerak atau kotoran yang terdapat pada mesin kendaraan.
  • Mampu melapisi sekaligus melumasi komponen logam di mesin kendaraan sehingga dengan begini dapat mengantisipasi terjadinya gesekan.
  • Mencegah terjadinya proses pengendapan karbon pada bagian mesin kendaraan.
  • Memiliki kadar penguapan jauh lebih rendah dibandingkan dengan pelumas sintetik sehingga ketika mesin kendaraan dalam keadaan yang sangat panas tetap mampu bekerja dengan baik.
  • Tahan terhadap proses oksidasi di kendaraan.
  1. Pelumas mineral. Sama halnya dengan pelumas sintetik, pelumas mineral pun sering dijadikan sebagai cairan untuk melumasi komponen mesin mobil. Namun, bedanya bahan utama pelumas ini langsung berasal dari perut bumi, yakni alkaline dan paraffin. Di samping itu, dari segi harga, pelumas ini jauh lebih murah daripada pelumas sintetik, itulah sebabnya sangat jarang pengendara yang membeli pelumas satu ini. Meskipun demikian, pelumas ini tetap memberikan berbagai keunggulan, kok. Misalkan:
  • Melansir dari balaiiklan, molekul pada pelumas ini memang tidak rata, akan tetapi justru membuat komponen mesin menjadi saling bertautan satu sama lain.
  • Harga pelumas mineral lebih murah ½ kali dari pelumas sintetik.
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE