www.alijayaservice.blogspot.com

Ganti master kopling atas mobil timor

Service mobil panggilan surabaya,

Awal berkendara tidak ada masalah sama sekali cek kopling, rem, lampu, oli dah baik semua,,,siap berangkat stater mesin ac on ditengah perjalan injakan kopling kok jadi keras kenapa ya???sambil nyopir sambil berfikir apanya yang salah ya oli masih, kampas kopling juga normal tidak ada masalah lelet atau mobil jalan ditempat,,
abis istirahat sholat wah koplingnya normal lagi mungkin over heat mesinnya,, menurut pendapatq lanjut perjalanan naik jalur tawangmangu-sarangan tiba-tiba kopling menjadi keras dan ambles tidak ada tekanan sama sekali langsung berhenti lagi sambil berfikir ada masalah apa ya???yang jelas kampas kopling tidak ada masalah karena buat nanjak masih ok.
abis istirahat sejenak neruskan perjalanan pelan-pelan karena untuk pindah persneling sangat sulit kopling tidak bekerja alhamdulillah sampai juga dirumah…langsung deh bis makan googling apa sih masalah yang baru saja aku alami td ternyata ketemu juga dan kemungkinan itu dari master kopling baik atas maupun bawahnya,, pagi2 langsung siapkan alat alat bengkel ternyata kelihatan dikolong pedal kopling ada tetesan oli/minyak kopling, langsung bongkar dan ganti silnya saja. beres test drive lancar…
perjalanan pulang karena besoknya harus kerja….weng-weng…melintasi sarangan dan turun cemoro sewu kejadiannya kembali terulang kopling kehilangan tekanan lagi. hasil googling kemarin jg ada sedikit tips dengan mengompres maskop bawah yang dekat radiator dengan kain basah tapi ini cuma untuk sementara aja dan harus segera ganti maskop biar perjalanan nyaman.
setelah kemarin maskop atas yang bocor sil nya sekarang gantian lihat yang bawah master koplingnya yang bocor,,,alhasil ganti dah maskop bawah merk TCIC 13o rb (semoga harga tidak berubah lagi hehehe…) pasang deh ketempatnya menggantikan yang lama. kira2 2 bulan dipakai masalah itu muncul lagi mungkin karena mengabaikan untuk tidak mengganti dulu maskop atasnya.
sesuai dengan saran mbah google n my BENGKEL diharapkan kalau ganti master kopling atas dan bawah sekalian
yuk kita bongkar ganti master kopling atas my timor
1. siapkan master kopling atas terlebih dahulu beli ditoko onderdil mobil hehehehe……kebetulan aq pakai merk sanyco dapat saran dari teman2 n harganya juga agak irit kualitas tidak malu2in xixixixi…..175rb maskopnya dengan tabung tersendiri jadi tidak menjadi satu dengan minyak rem nya.ini satu keutungannya!!!
2. buka kap mesin lepas rumah filter udara untuk sohc yang dohc menyesuaikan dan mulai lepas baut master koplingnya dan baut nipel selang saluran minyak kopling, kemudian segera kekolong bawah kemudi untuk lepas baut yang dari dalam maskopnya.
IMG_20130301_144838
3. setelah lepas semua baut-bautnya cabut maskop dari dudukannya
IMG_20130301_144907
4. siapkan maskop yang baru untuk segera dipasang menggantikannya hehhehe…..bey maskop lama terima kasih telah mengantarq kemanapun berjalan xixixiixi….
IMG_20130301_145002
5. pasang kembali baut-baut penguncinya dari dalam kolng pedal kopling dan yang dari luar dan juga baut nipel selang minyak kopling tapi jangan keras-keras dulu karena belum di isi minyak koplingnya.
IMG_20130301_145153
6. terpasang sudah maskop yang baru, setelah itu masukkan minyak kopling sampai batas maksimum tunggu sampai menetes lewat nipel yang belum keras bautnya tadi,,siap air juga. setelah menetes cepat2 dikerasi bautnya dan segera siram dengan air bekas tetesan minyak kopling tersebut agar tidak menyebabkan karat.
7. selesai sudah pemasangannya nyalakan mesin dan kocok-kocok pedal koplingnya karena kalau mesin tidak nyala alur fluida minyak koplingnya tidak mau berjalan. setelah terasa sudah ada tekanan matikan mesin.
8. untuk lebih memastikan lagi kemasukan angin apa tidak pada saat pembongkaran tadi bisa dicek di master kopling bawah ada nipel caranya seperti kalau buang angin di perangkat rem.
9. langsung test drive yuk…………
selamat mencoba bagi yang mengalami masalah seperti saya dan harus ganti maskop atasnya,,alhamdulillah sekarang kopling my timor sudah normal kembali…..
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE