Ganti Master Kopling Bawah

bengkel  mobil  dan service mobil panggilan surabaya

Tentang master kopling bawah:

Master kopling bawah berfungsi untuk menerima tekanan dari master kopling atas dan meneruskan tekanan ini untuk mengaplikasikan kopling. Letak Master kopling bawah yaitu menempel dengan persneling depan. Pada master kopling bawah terdapat seal internal dan eksternal, dan biasanya masalah yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada seal ini. Jika seal eksternal mengalami kerusakan, master kopling bawah Anda akan bocor dan mengurangi jumlah minyak kopling di dalam mobil. Kerusakan pada seal biasanya tidak jauh dari masalah keausan, sehingga diperlukan servis  secara berkala untuk melihat keausan seal ini. Kerusakan seal ini akan menyebabkan malfungsi pada kopling mobil Anda.

Perlu diketahui:

  • Master kopling bawah dan master kopling atas adalah dua komponen yang berkaitan. Oleh karena itu, jika salah satu dari komponen ini rusak, Anda sangat disarankan untuk mengganti kedua-duanya sekaligus.
  • Master kopling bawah yang rusak tidak akan bisa diperbaiki dan hanya bisa diganti dengan yang baru.
  • Mobil dalam keadaan kotor dapat menyebabkan master kopling rusak, sehingga perlu dibersihkan secara berkala. Posisi master kopling yang terletak di bawah rawan dengan kotoran yang menempel.
  • Usahakan segera membersihkan master kopling ketika melewati jalan berlumpur atau setelah berkendara melewati hujan. Posisi master kopling bawah membuatnya langsung berhadapan dengan dampak jalanan yang kurang baik, sedikit berbeda dengan master kopling atas.
  • Piston dan juga seal yang telah aus juga dapat mengganggu kinerja master kopling bawah.
  • Proses pengoperasian master kopling atas dan master kopling bawah tidak dapat dipisahkan. Karena tekanan yang dihasilkan master kopling atas akan menekan master kopling bawah. Keduanya bergerak untuk memastikan gardu kopling bergerak dan menekan clutch cover.
  

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti master kopling bawah:

  • Pedal kopling bisa diinjak sampai habis
  • Minyak rem bocor di sekitar pedal kopling
  • Mobil terasa susah untuk pindah gigi

Tips dari kami:

 MIinyak kopling sebaiknya diganti setiap 40.000 km, tapi setiap mobil Anda diservis, mekanik Anda sebaiknya mengecek jumlah dan kondisi minyak kopling yang ada di master kopling. Selain itu pastikan Anda menyampaikan keluhan dari pemakaian kopling Anda kepada mekanik Anda agar pengecekan bisa menjadi maksimal.  

Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE