Ganti rear wheel cylinder assy aka master rem bawah rem tromol belakang Next G / Aerio

Waktu ganti kampas rem tromol belakang, udah ngeliat kalau ada bocor minyak rem dari master rem di tromol kiri. Cuman waktu itu dibersihkan sambil siap-siap. Tapi ternyata setelah beberapa hari dari ganti kampas rem, minyak rem di reservoir hampir di garis minimum, padahal sudah dipastikan isi di garis max waktu pergantian kampas rem. Ya akhirnya beli master rem KW aja, sebenernya bisa beli repair kit / karet nya saja, cuman kalau dinding cylindernya udah baret biasanya juga diganti karetnya ga akan bertahan lama. 

Kapan lalu pakai master rem atas KW merk Hasaki hasilnya ok, kali ini coba kw juga merk SANYCO.

Langkah pertama tentu dongkrak mobil. Pastikan roda depan diganjal. Step-step sama seperti membersihkan rem yang pernah diulas di sini.
Setelah tromol dilepas, terlihat wheel cylinder aka master rem belakang yang mau diganti,  dan baut-baut yang akan dilepas

Bersihkan kotoran dari bagian luar wheel cylinder. Foto ini dari balik rem tromol jadi bukan di dalamnya. Karena ada di luar jadinya banyak kotoran yang nempel, bisa dibersihkan dengan sikat gigi dulu untuk meminimalisir kotoran.
Pertama lepaskan dulu baut dari pipa minyak rem. Pipa ga bisa dicabut atau dikeluarkan total karena pipa dari logam jadi kaku dan masih ada dudukan pipa yang megang. Biarkan saja ga perlu dilepas total. Minyak rem mulai keluar dari pipa, biarkan saja atau tampung. Bisa juga baut dipasang dulu pakai tangan biar ga terlalu banyak minyak rem yang terbuang.
Selanjutnya buka 2 baut pengikat yang ada di bawah pipa . Lepas total bautnya. Untuk nepel bleeding rem ga usah diotak-atik.
Kendorkan lagi baut pipa kalau tadi sempat dipasang ulang. Selanjutnya keluarkan wheel cylinder dari arah dalam tromol keluar. Geser bagian belakang dulu keluar supaya nepel bleeding bsia lewat lubang yang ada.

Cuci bersih dengan air untuk minyak rem yang tercecer baik di dalam dan diluar tromol.
Pasang kembali tromol
Lakukan bleeding minyak rem. Harusnya ga terlalu banyak berkurang minyak rem-nya. Jangan lupa isi kembali reservoir sampai garis max.
Pasang kembali roda dan test drive.
Selesai


Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE