Cara Mengganti Kanvas Rem Mobil

Mengganti kanvas rem sendiri adalah cara yang jauh lebih murah dibandingkan harus membawanya ke bengkel, yang biasanya akan mengenakan tarif tinggi untuk jasanya. Hanya dengan ongkos pembelian barang, anda bisa membuat sistem rem mobil anda akan baik kembali dengan mengikuti beberapa langkah ini.

Dapatkan kanvas rem yang benar. Kanvas rem dapat dibeli di toko suku cadang mobil di dekat anda. Beritahukan merk, model, dan tahun mobil anda, dan anda tinggal memilih mana yang harganya cocok untuk anda. Biasanya, semakin mahal harganya, akan semakin awet.
  • Beberapa jenis kanvas rem akan berharga lebih mahal, yang ditujukan untuk pasar kompetisi yang membutuhkan pengereman lebih baik lagi. Anda mungkin tidak memerlukan yang ini karena mereka akan membuat tromol rem anda akan lebih cepat aus. Juga, kanvas rem yang lebih murah akan lebih berisik daripada yang "bermerk".

Pastikan mobil anda dingin. Jika anda baru saja berkendara, anda akan berurusan dengan komponen rem yang amat panas, kaliper dan rotor. Pastikan komponen ini aman untuk disentuh sebelum anda lanjutkan.

  1. Kendurkan baut roda. Dengan menggunakan kunci roda, kendorkan baut roda sampai sekitar dua pertiga jalan.
    • Jangan lepaskan roda semuanya sekaligus. Biasanya anda akan mengganti dua kanvas rem depan dan dua di belakang, tergantung kondisinya dan berapa aus kanvas rem nya. Jadi mulailah bagian depan atau belakang terlebih dahulu.

    Dongkrak mobil anda dengan hati-hati sampai rodanya bisa dilepas dengan mudah. Periksa buku manual untuk memastikan posisi dongkrak yang benar. Berikan balok di belakan dan di depan roda yang lain untuk mencegah mobil berjalan maju atau mundur.
    • Letakkan jackstand atau balok dibawah chassis mobil. Jangan hanya gunakan dongkrak untuk menahan mobil. Ulangi proses yang sama di sisi roda yang lain hingga kedua sisinya tertahan dengan kuat dan aman.

  2. Lepaskan roda. Selesaikan pelepasan baut roda hingga tuntas saat mobil
    sudah dinaikkan. Tarik roda ke arah anda untuk melepaskannya.
    • Jika velg terbuat dari bahan aluminium pada bagian pemegang baut, anda harus membersihkan baut roda, lobang baut, permukaan rotor, dan bagian belakang velg dengan sikat kawat dan gunakan pelumas anti karat sebelum memasang kembali rodanya.


    Buka mur kaliper menggunakan kunci sok atau kunci ring yang cocok. [1] Kaliper melekat erat pada rotor rem seperti klem, yang tugasnya adalah memperlembat putaran roda sebelum kanvas rem mulai bekerja, dengan menggunakan tekanan hidrolis untuk menimbulkan gesekan pada rotor. Kaliper biasanya berbentuk satu atau dua keping, diperkuat dengan dua sampai empat baut di dalam rumah as roda, dimana roda berpegangan. [2]Semprot baut-baut ini dengen WD 40 atau penetran PB untuk mempermudah pelepasannya.
    • Periksa tekanan kaliper. Kaliper harus dapat bergerak maju mundur sedikit. Jika tidak, artinya kaliper sedang dalam tekanan dan bisa terloncat saat anda membuka bautnya. Hati hati saat memeriksanya, dan jangan berada di tempat dimana anda bisa terkena lemparannya jika terlepas.
    • Periksa apakah ada ring atau penguat terpasang antara baut dudukan kaliper dan permuakaannya. Jika ada, anda buka dan simpan untuk dipasang kembali nantinya. Anda akan perlu memasang kaliper tanpa kanvas rem untuk mengukur jarak antara permukaan agar dapat menggantinya dengan benar.
    • Banyak mobil jepang menggunakan dua keping kaliper geser yang hanya memperlukan pembukaan dua buah baut yang menghadap keluar, dengan ukuran 12-14 mm. Anda tidak perlu membuka keseluruhan kaliper.

  3. Gantung kaliper dengan hati hati menggunakan kawat kecil. Kaliper akan teap terhubung ke selang rem, jadi gangunglah dengan kawat kecil atau besi bekas, sehingga kaliper tidak tergantung dam membebani selang.
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE