7 Cara Service Mobil Sendiri Paling Lengkap Beserta Penjelasannya

Kalau sobat semua ingin mengendarai kendaraan sendiri dengan nyaman dan aman setiap hari, tentunya sobat diharuskan untuk service ataupun merawat mobil kesayangan anda. Pengetahuan service mobil adalah ilmu yang sangat penting dan harus diketahui oleh pengemudi mobil, khususnya pengemudi yang baru. Karena kita tidak bisa menjamin kondisi kendaraan kita selalu dalam keadaan baik.
Sebenarnya, hanya bermodalkan keinginan, pengetahuan atau sklill, perlengkapan atau alat yang tepat, anda dapat melakukan service sendiri di rumah loh sobat, dan ini tentunya akan mengurangi pengeluaran anda. Yang terpenting harus tau bagaimana cara service mobil sendiri dengan baik.

Kalau bisa sendiri kenapa tidak dilakukan? Daripada sobat semua harus bolak balik ke bengkel hanya untuk masalah yang sederhana dan sebenarnya bisa diberesin sendiri di rumah.
Cara Service Mobil Sendiri
Mobil apabila dirawat dengan baik dan benar, dan melakukan service yang rutin tentunya kondisi mobil kita akan awet dan sobat semua nyaman dalam mengemudikannya. Selain itu, apabila mobil kita dirawat dengan melakukan service rutin, dapat dipastikan kendaraan kita akan jarang mengalami kerusakan yang bersifat teknikal, baik sedang melakukan perjalanan dekat maupun perjalanan jauh.
Selain itu, apabila melakukan service rutin maka pemakaian bahan bakar juga dipastikan akan lebih awet dibandingkan dengan mobil yang tidak melakukan service. Dan hal yang tidak kalah penting dari itu adalah jika anda kelak akan menjual mobil anda, tentunya akan mendapatkan harga yang tinggi, sekalipun mobil bekas karena kondisi mobil anda baik interior maupun eksterior terawat dengan baik.
Untuk hal itulah makanya sobat-sobat semua sebaiknya memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara service mobil sendiri. Dalam ulasan kali ini, penulis akan memberikan tips-tips kepada sobat semua tentang bagaimana cara service mobil sendiri. Penasaranan sobat? Yuk kita simak ulasan berikut ini.
1. Ganti Ban Sendiri Jika yang Lama Sudah Tak Layak Pakai (Usang)
Baik karena daya cengkram ban yang sudah berkurang atau karena kerusakan yang diakibatkan oleh jalanan, salah satu teknik service mobil sendiri yang wajib sobat-sobat diketahui adalah mengganti ban mobil sendiri. Dengan kondisi tersebut anda wajib mengetahui  mobitips merawat ban  terlebih dahulu agar lebih mudah.
Untuk melakukan hal ini anda tentunya harus memiliki perlengkapan seperti kunci roda, ban cadangan dan dongkrak. Selain itu ketika anda ingin mengganti ban mobil anda dengan yang baru, sebaiknya gantilah dengan ban yang berkualitas agar ban kendaraan anda lebih awet.
2. Lakukan Pengecekan Fuse Box Secara Berkala
Cara service mobil sendiri selanjutnya ialah dengan melakukan pengecekan terhadap bagian fuse boxnya. Jika radio, lampu, atau komponen listrik lainnya yang ada dalam mobil anda tidak bekerja, segera lakukan pengecekan fuse mobil anda. Caranya sangat gampang, anda hanya perlu tang, fuse cadangan dan yang terpenting anda harus membuka buku manual kendaraan anda.
Untuk apa? Karena setiap mobil memiliki lokasi fuse box yang berbeda-beda, jadi ada baiknya apabila anda membaca buku manual tersebut untuk mengetahui fuse box mobil anda berada di sebelah mana, begitupun dengan cara membuka atau menutupnya.
Jangan sampai asal bongkar ya sobat. Fuse box yang tidak berfungsi biasanya karena kebakar. Nah jika sobat sudah menentukan lokasi fuse box kendaraan anda, anda hanya perlu mengganti fuse tersebut dengan fuse yang baru tapi harus yang sejenis atau satu type ya sobat.
3. Ganti Oli Secara Berkala Agar Mesin Tidak Terkikis Dengan Sendirinya
Agar mesin mobil tidak cepat rusak, oli perlu diganti setiap 5000 km. Cara Ganti oli  juga tidak begitu sulit, Pertama, anda perlu mengangkat mobil dengan dongkrak yang bertujuan untuk akses mudah ke bawah mobil anda. Setelah itu kuras bekas oli yang lama, dan pastikan mengurasnya sampai bersih. Setelah itu isi dengan oli yang baru dan rapikan kembali kendaraan anda ke posisi semula. Mudah bukan?
4. Jaga Aki Agar Tidak Kering
Peran baterai mobil untuk menyalakan mesin mobil memang sangat penting. Oleh karena itu penting untuk menjaga performanya. Anda hanya perlu memeriksa dan memastikan air elektrolit dalam baterai tersedia. Pasalnya, air yang ada dalam baterai tersebut selalu akan menguap secara perlahan setiap saat.
Itulah penyebabnya air dalam baterai anda berkurang. Untuk itu anda bisa mempelajari bagaimana cara memperbaiki aki,  Dan pastikan apabila anda melakukan isi ulang air elektrolit, pastikan mengisinya dengan air elektrolit yang sudah dirancang spesial untuk baterai mobil. Jangan pake air kran ya sobat.
5. Cek Radiator Sebelum Airnya Habis
Cara service mobil sendiri berikutnya dengan melakukan pengecekan radiator. Apabila air radiator habis, maka bisa dipastikan mesin anda akan mengalami overheat dan bisa saja berujung pada kerusakan yang serius loh sobat. Untuk itu anda perlu tau cara menganti air radiator dan melakukan perawatan terhadap radiator mobil anda.
Caranya sangat gampang, anda hanya perlu memastikan dan mengecek air radiator masih ada atau tidak.  Normalnya, air radiator diganti setiap 20.000 km. Cairan yang biasanya dipakai untuk air radiator adalah cairan coolant.
Fungsi dari air radiator ini adalah sebagai pe
ndingin, pelumas, anti karat, anti korosi dan anti kerat. Selain itu air radiator ini juga berfungsi sebagai pelumas pompa air sehingga sisitem lebih awet dan bersih. Kebayangkan sobat apa yang terjadi jika tidak ada air radiator ini dalam  mobil anda?
6. Ganti Busi Agar Mesin Lebih Awet
Saat mobil sulit dinyalakan, hal yang pertama yang perlu anda periksa adalah busi. Ciri-ciri busi yang perlu diganti adalah busi yang terlihat melemah saat proses pengapian. Hal tersebut dapat anda rasakan ketika terdapat suara yang tidak seperti biasanya saat di starter.
Umumnya penggantian busi mobil dilakukan apabila umur penggunaan busi sudah mencapai 45.000 km, tetapi dianjurkan untuk mengganti bus mobil tersebut sebelum mencapai angka normalnya yaitu 45.000 km.
7. Sebaiknya Cucilah Sendiri Mobil Anda Tanpa Harus Ke Car Wash
cara mencuci mobil di car wash memang lebih praktis, tetapi alangkah baiknya jika anda melakukan cuci mobil sendiri dirumah, karena dengan mencuci sendiri anda dapat melakukan pengecekan langsung kendaraan anda. Jadi jika ditemukan sesuatu yang tidak lazim, maka anda dapat  segera memperbaikinya.
Itulah sobat cara service mobil sendiri yang dapat penulis bagikan dalam artikel kali ini. Semoga sobat semua bisa merawat kendaraannya sendiri tanpa harus ke bengkel. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini. Sampai jumpa dilain kesempatan.
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE