Cara Ganti Kampas Kopling secara mandiri

Cara Ganti Kampas Kopling Mobil sendiri di rumah sangat mudah. Kampas kopling atau yang dikenal dengan plat kopling merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi penting di dalam sebuah kendaraan baik mobil manual, matic, hingga motor. Kampas kopling atau yang dikenal dengan nama clucth plate merupakan komponen di dalam mesin mobil yangg berfungsi sebagai penerus tenaga yang disalurkan dari mesin menuju sistem transmisi. Bentuk dari kampas kopling ini bulat seperti piringan dan terbuat dari asbes. Namun sama halnya dengan komponen mobil lainnya, kampas kopling bisa saja mengalami masalah ataupun habis.

ika kondisi kampas yang habis dibiarkan terus menerus maka tentunya kinerja dari kopling mobil akan terganggu. Kampas kopling yang habis tentunya akan membuat penyaluran tenaga dari mesin ke transmisi menjadi tidak maksimal. Tentunya bila kinerja kopling menjadi menurun maka transfer energi akan berkurang. Hal lainnya yang dapat terjadi bila kampas kopling mobil anda habis adalah pemakaian bahan bakar bisa menjadi boros.

 Kopling mobil bekerja mengatur gaya putar mesin kendaraan menuju transmisi perseneling. Sehingga pada saat kopling diinjak, tentunya tidak akan ada gaya putar yang ditransfer dari mesin ke komponen mesin yang lainnya yang berasal dari sistem transmisi perseneling.


Semua kampas kopling pada merk atau jenis mobil apapun tentunya memiliki batas waktu usia pemakaian. Usia pemakaian ini didasarkan pada waktu ataupun jarak tempuh yang sudah dicapai dari kendaraan tersebut. Selain itu, lama atau tidaknya pemakaian kampas kopling mobil juga dipengaruhi dari gaya pemakaian pengemudia kendaraan. Pada keadaan normal, kampas kopling mobil dapat habis kira-kira setelah menempuh jarak 20.000 km. Jika kendaraan anda sudah menempuh, maka sebaiknya anda cepat mengganti kampas kopling mobil anda


Keadaan kampas kopling yang dibiarkan habis terus menerus maka akan menyebabkan kerusakan di berbagai komponen di dalam kopling seperti tutup kopling. Tentu anda tidak ingin bukan jika kendaraan anda sampai rusak? Bila sampai rusak tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Selain melihat jarak tempuh yang sudah dilalui kendaraan, berikut ada beberapa ciri-ciri jika kampas kopling mobil sudah hampir habis.


Ciri-ciri yang paling terlihat adalah dari penurunan tenaga yang mentransfer ke mesin kendaraan, sehingga akan menyebabkan akselerasi kendaraan menjadi lemah dan lamban. Tentunya kondisi ini akan sangat berpengaruh pada kecepatan kendaraan. Bila anda ingin mengubah kecepatan pada saat mengemudi maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk memaksimalkan kecepetan kendaraan tersebut. Normalnya pada saat anda mengganti kecepatan kendaraan, maka hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 detik untuk memaksimalkannya. Namun jika keadaan kampas kopling mobil anda habis, maka bisa saja membutuhkan waktu sekitar 15 detik bahkan lebih.


Karena kondisi akselerasi yang melemah tadi, juga akan dapat menyebabkan putaran mesin kendaraan menjadi tinggi meskipun kecepatan yang digunakan sebenarnya masih standart. Misalnya saja, untuk ukuran mobil anda bila menggunakan kecepatan 50 km/jam maka membutuhkan putaran mesin hingga 4500 rpm. Namun jika kondisi kampas kopling habis, maka putaran mesin yang digunakan dapat mencapai 9000 rpm.


Kondisi kampas kopling yang habis juga dapat terlihat dari starter mobil yang ringan. Bila kejadian seperti ini anda rasakan, maka dapat dipastikan jika kondisi kampas kopling mobil sudah habis dan harus segera diganti. Gejala selip kopling juga terjadi pada saat kampas kopling mobil anda mulai habis. Namun hal ini bisa saja terjadi karena anda menggunakan oli mesin yang tidak cocok dengan mobil anda ataupun belum mengganti oli. Oleh sebab itu, perlu pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui pasti penyebabnya.


Pada saat mobil berada di jalanan tanjakan, maka anda dapat mencium bau gosong yang berasal dari kopling mobil anda. Hal ini dikarenakan kampas kopling mulai selip dan membuat mobil tidak kuat melalui tanjakan. Jika kondisi ini sudah dialami kendaraan anda maka sebaiknya cepat-cepat untuk mengganti kampas kopling.


Tanda-tanda lainnya yang ada dapat anda coba dengan memasukkan gigi ke perseneling 3 atau 4 dan kemudian tahan tarikan gas secara spontan. Bila kondisi kenaikannya pas, maka kondisi kampas kopling anda masih dalam keadaan baik. Namun bila kondisi sudah tinggi namun kecepatan mobil masih rendah maka dapat dikatakan bahwa kampas kopling mobil anda sudah aus.
Bagi anda yang mengalami ciri-ciri seperti yang dijelaskan diatas, maka sebaiknya anda harus cepat-cepat mengganti kampas kopling untuk mneghindarkan resiko-resiko yang dapat merugikan mobil anda. Nah berikut ini ada langkah-langkah mengganti kampas kopling yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.


Tahap Pemeriksaan




Sebelum memulai memeriksa kampas kopling mobil, sebaiknya pastikan kondisi mobil anda dalam keadaan mati. Untuk keamanan, anda dapat melepas baterai agar menghindari resiko tertentu. Angkat mobil dengan menggunakan dongkrak agar anda bisa lebih leluasa dalam bekerja. Anda juga dapat memasang jack stand supaya lebih aman. Setelah membongkar bagian-bagian komponen kemudian barulah anda dapat mulai memeriksanya.


  • Bagian yang pertama kali anda periksa adalah bagian roda gaya. Untuk memeriksanya anda dapat melepas rumah kopling terlebih dahulu. Periksa bagian dari alur permukaan roda gaya, jika masih baik maka anda hany perlu untuk mengamplasnya saja.
  • Setelah itu barulah anda mulai memeriksa kampas kopling mobil. Anda bisa melihat apakah karet torsi di dalamnya sudah kendur dan kampas kopling menipis atau tidak. Selain memeriksa dengan cara melihat, anda juga dapat memeriksa nya dengan menggunakan caliper. Bila hasl pengukuran sekitar 0,03 mm maka kampas kopling mobil harus diganti.
  • jangan lupa untuk memeriksa bantalan pembebas yang ada di dalam kopling mobil anda. Anda dapat memeriksanya dengan cara diputar-putarkan. Bila putaran pada bantalan pembebas tidak lancar dan menghasilnya bunyi maka perlu diganti.
Tahap Pemasangan


Setelah memeriksa seluruh keadaan kopling mobil anda, maka kini anda dapat melakukan proses pemasangan kampas kopling. Berikut langkah-langkah pemasangan kampas kopling mobil.
  • Sebelum komponen (yang diganti) akan dipasang, maka sebaiknya anda melumasi terlebih dahulu bantalan pembebas dan poros transmisi dengan menggunakan grease.
  • Pasang kampas kopling serta rumah kopling yang ada pada roda gaya. Anda dapat memasangnya dengan menggunakan batang pelumas sehingga nantinya akan memudahkan bila anda akan memasang poros transmisi.
  • Setelah terpasang, selanjutnya pasang baut pada rumah kopling yang jumlahnya 8 buah dengan menggunakan kunci berukuran 12 mm. Pastikan pemasangan baut rapat sehingga komponen tidak dapat terlepas.
  • Setelas dirasa baut sudah terpasang dengan tepat dan kencang. Maka anda dapat mengeraskannya kembali dengan menggunakan kunci momen dengan merata dan secara menyilang.
  • Kemudian pasang bak transmisi, anda dapat memasangnya dengan cara meletakkan bak transmisi pada dongkrak dan setelah itu pompa dongkrak hingga pada ketinggian yang sama dengan rumah kopling. Dorong bak transmisi hingga maju sampai poros transmisi dan masuk ke dalam poros kopling.
  • Pasang pula baut pada bak transmisi dengan menggunakan kunci yang berukuran 14 mm. Anda dapat memasangnya dengan cara menyilang dan merata. Setelah memastikan baut tranmsisi sudah rapat, anda dapat melepas jack stand yang menahan mesin mobil anda.
  • Pasang penyangga bak transmisi dengan bodi kendaraan dan ikat dengan menggunakan 4 baut. Anda dapat menggunakan kunci ring yang berukuran 17 mm.
  • Selanjutnya pasang poros propeller, anda dapat memasangnya dengan memasukkan poros mulai dari bagian depan hingga semua bagian masuk ke dalam bak transmisi yang ada di bagian output. Pasang poros propeller bagian belakang dengan menggunakan 4 mur dan baut pengikat.
  • Pasang kembali olor kopling yang ada pada garpu pembebas. Kemudian pasang pula pegas pembalik dengan menggunakan obeng yang berbentuk (-) serta tang.
  • jangan lupa pula untuk memasang kabel mundur yanda ada pada socket.
  • Pasang kembali juga olor presnel dengan alat tang.
  • Pasang motor starter dengan menggunakan dua bau pengikatnya dan hubungkan kembali kabel baterai dengan terminal motor starter serta kunci kontak.
  • Setelah semua pekerjaan telah selesai dilakukan, anda dapat menurunkan kembali mobil anda.
Sebenarnya anda dapat mengganti kampas kopling di bengkel langsung, namun hal ini tentunya akan membuat pengeluaran anda menjadi bertambah. Selain itu, memasang kampas kopling sendiri di rumah juga dapat menghemat waktu bagi anda yang tidak ingin mengantri panjang di bengkel mobil.

Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE