www.alijayaservice.blogspot.com

REM MOBIL BERISIK CARA MEMPERBAIKINYA

Rem adalah komponen yang cukup vital untuk keamanan berkendara. Jika rem mobil mengeluarkan bunyi berdecit atau berisik saat pedal rem diinjak, harus kita periksa dan pastikan bahwa fungsi rem tetap bekerja dengan baik. Biasanya kondisi ini lebih sering terjadi setelah mobil yang kita gunakan melewati genangan air, jalanan berdebu atau juga sudah dipergunakan untuk perjalanan jauh. Namun, jika terdapat hal-hal lain yang menjadi penyebabnya, maka harus dengan segera untuk diatasi permasalahannya.
Berikut ini beberapa penyebab rem mobil bunyi yang perlu untuk diwaspadai.

1. Kanvas Rem Menipis atau Aus

Kanvas rem aus akan membuat piringan cakram rem lebih sering bergesekan dengan plat penjepit kanvas rem. Efeknya, bunyi gesekan besi yang berdecit akan sering terjadi saat kita menginjak rem. Umumnya, kanvas rem perlu dicek setidaknya satu tahun sekali. Jika mobil sering dipakai melalui jalur yang berat seperti kemacetan dan jalanan menurun, maka pemeriksaan baiknya dilakukan lebih cepat. Dengan cara ini, maka kanvas rem mobil tidak akan sampai terlalu menipis atau habis.

2. Cakram / Tromol Rem Sudah Tidak Rata

Saat dipergunakan, kanvas rem dan tromol akan terus bergesekan berulang kali. Hal ini akan membuat permukaan cakram dan tromol menjadi kurang rata. Selain menimbulkan bunyi, permukaan cakram dan tromol yang kurang rata akan membuat mobil terasa bergetar saat melakukan pengereman.
Jika kondisi permukaan tidak rata dan tidak terlalu parah, mungkin bengkel akan dapat memperbaikinya dengan cara melakukan bubut da meratakan permukaan cakram seperti semula. Namun dalam kondisi yang sudah cukup parah, bisa saja harus mengganti cakram mobil dengan set yang baru.


3. Rem Kotor
Semakin sering digunakan, debu dan kotoran akan menempel pada permukaan rem. Jika kondisi hujan atau melewati jalanan basah, maka debu dan kotoran tersebut bisa saja mengeras dan membuat lapisan tipis di permukaan kanvas rem atau di permukaan cakram. Efeknya, saat rem diinjak maka tidak akan semulus biasanya dan mengeluarkan suara yang cukup berisik. Untuk membersihkannya, dapat digunakan cairan khusus pembersih rem. Namun disarankan untuk dilakukan di bengkel agar sistem pengereman dapat dibongkar terlebih dahulu dan dibersihkan secara keseluruhan.


4. Sistem Rem Macet

Biasanya penyebab rem macet karena piston rem sudah mengalami kerusakan dan tidak bergerak dengan baik. Efeknya saat rem dipijak maka kanvas tidak akan menekan dengan baik. Atau saat pedal rem dilepas, namun mobil masih terasa berat dan mengeluarkan bunyi pada rem karena piston tidak berbalik ke posisi semula. Untuk memperbaikinya, maka harus mengganti karet piston rem dan membersihkan permukaan piston rem mobil.
Demikian, semoga bermanfaat bagi Anda.


Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE