www.alijayaservice.blogspot.com

Cara Perbaiki Washer Wiper Mobil Rusak

Washer mobil macet - sering kali banyak pemil mobil yang kurang begitu mempedulikan fugsi fungsi dari washer mobil, padahal keberadaanwasher ini sangat penting sekali untuk membersihkan debu maupun kotoran yag menempel di permukaan kaca depan mobil.





Masalah yang paling sering menyerang komponen washer mobil ini diantaranya air yang keluar tidak begitu kencang hingga yang palin parah adalah air sama sekali tidak keluar dari ujung nozzle / windshield washer.

Penyebab masalah diatas bisa beragam, mulai dari selang air wiper yang terlepas atau digigit oleh tikus, hingga buntunya saluran air wiper akibat penumpukan kerak berupa zat kapur.

Untuk mencari tahu sumber masalah kita harus mengurut satu persatu bagian bagian sistem wiper mobil Yang diantaranya ialah sebagai berikut :

 1. Cek tandon air dan pompanya

Pemeriksaan pertama dilakukan dengan memeriksa tandon air serta motor pump nya. Bisa jadi air ditandon sudah habis atau dinamo pompa air bermasalah.

Jika tandon kosong segera isi air dan lakukan percobaan menghidupkan fungsi penyemprot, mintalah bantuan teman untuk memegang/mendengarkan apakah motor pump berbunyi atau tidak.

2. Periksa selang wiper dan sambungan

Selanjutnya adalah memeriksa selang atau saluran air wiper yang menuju nozzle. Apakah ada selang yang bocor/ putus ataukah tidak. Jika ada lakukan penggantian selang air wiper.

Jangan lupa juga memeriksa sambungan selang, kalian bisa melepas dan melakukan pemeriksaan visual. Bila tersumbat oleh gumpalan kapur kalian bisa bersihkan dengan menggunakan peniti atau benda lain sejenis.

3. Periksa lubang ujung nozzle Yang

Terakhir barulah melakukan pemeriksaan bagian ujung nozzle nya. Coba sekali lagi nyalakan fungsi air wiper dan perhatikan air yang keluar melalui lubang nozzle.

Bila pancaran air yang keluar lemah bisa jadi lubang nozzle juga tersumbat. Kalian bisa membersihkannya dengan cara menusuk lubang nozzle dari luar menggunakan jarum pentul/peniti kemudian menyemprotnya menggunakan air gun. Coba sekali lagi menyalakan fungsi wiper.









Nah itulah tadi beberapa tips mengatasi washer atau wiper mobiln yang rusak tidak bisa menyemprot atau pancaran air yang keluar lemah.

Beberapa washer memang bisa diperbaiki dengan jalan demikian, namun ada juga beberapa mobil yang tidak bisa dan satu - satunya jalan harus diganti baru. Semoga tulisan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk di share.
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE