Yuk Pasang Sendiri Master Rem Atas

Rem merupakan perangkat yang sangat - sangat vital pada kendaraan bermotor, kebayang enggak kalo kecepatan tinggi di toll, tiba - tiba rem blonk ...... atau rem gak berfungsi sempurna, serem juga kan .. !!!

Maka selalu periksa ketinggian minyak rem dalam tabungnya apabila minyak berkurang tambah atau mungkin warna sudah keruh segera kuras dang anti dengan minyak rem yang baru, periksa juga dibawah ban apakah ada bekas tetesan minyak rem, dan juga dibawah kemudi tepatnya pada master rem atas apakah ada tetesan minyak rem yang perlu kita waspadai.

Hati-hati dengan rem mobil anda apabila terasa injakan kosong alias tanpa tekanan, setelah pompa baru ada tekanan lagi. Apabila anda merasakan hal tersebut segera cek perangkat rem anda, kalau memang perangkat rem dirasa sudah tua mending segeralah di ganti karena berhubungan dengan nyawa pengemudinya. Pengalaman saat melaju lumayan kencang injak rem blesss gak ada tekanan sama sekali, langsung deh cek tromol belakang kok gak ada kebocoran kemudian pengecekan mengarah master rem atas tapi juga gak ada kebocoran sil nya, minyak rem ditabung juga masih di level aman.
Pengecekan lanjut mesin on kemudian injak rem dengan tekanan konstan klo rem terus amblas tanpa tekanan bisa jadi master rem nya yg bermasalah, akan tetapi jika rem di injak secara tiba-tiba ato mendadak gejala itu tidak ada alias rem berfungsi, menurut info dari bengkel, temen - temen dan mbah google itu merupakan gejala dari master rem atas yg sedang sakit.

Yuk kita coba bongkar dan pasang sendiri master rem atas, biar irit ongkos bongkar & keliatan bisa oprex sendiri  ..... (ooooo .... walahhhhh) :


1. Persiapkan Peralatan Kunci buat bongkar & pasang
Kunci 12, kunci nipel 10”, tang, minyak rem, master rem itu sendiri dan peralatan lainnya yang mungkin dibutuhkan.

2. Kendorkan dan lepas kedua baut nipel yang terpasang pada bodi master rem
Lepaskan baut nipel, ada 2 buah ...




3. Lepas Baut pengikat body master rem
Gunakan kunci 12" ya, jangan yang lain .... Satu baut pengikatnya posisi agak sulit jadi butuh kesabaran.

4. Tarik kedepan untuk melepas master rem 
Kemungkinan agak sulit karena kadang sil nya lengket pada sambungan antara master rem dan booster rem
Biasanya ada sedikit bekas kotoran semacam karat ...

5. Pasang Sparepart Master Rem
Setelah terlepas tinggal ganti master yg baru langsung plek tinggal kencangin baut pengikatnya, dan pasang nipel selang saluran minyak rem depan dan belakang. Jangan lupa di isi minyak rem ya masbro !!!!



6.  Setel Rem Buang Angin dari Caliper Rem
Lanjut setel rem buang angin dari caliper rem di keempat rodanya, ingat pada saat penyetelan rem (buang angin) posisi mesin harus nyala (on). 

Selesai sudah gampang bukan kalau bisa sendiri kenapa harus kebengkel hehehehe…..(irit ongkos pengeluaran). Ingat untuk test drive jangan langsung gas pool karena kita harus memastikan dulu kerja perangkatnya, apabila sudah lancar timmy siap untuk jalan atau touring….

Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE