Mengenali dan Memperbaiki Master Rem Mobil yang Rusak

Mengenali dan Memperbaiki Master Rem Mobil yang Rusak

Mengenali dan Memperbaiki Master Rem Mobil yang Rusak! Salah satu komponen penting dalam piranti rem mobil adalah master silinder. Komponen master silinder ini berfungsi untuk memberi dorongan minyak rem agar rem tetap aktif dan berfungsi dengan baik saat diinjak. Sehingga, bisa dikatakan bahwa jika terjadi rem blong maka yang rusak adalah master rem.

Ciri-Ciri Master Silinder Rem Rusak

Komponen yang harus ada pada sistem pengereman yang menggunakan hidrolik adalah master rem. Pada dasarnya master rem berperan untuk mengubah dorongan pedal menjado tekanan hidrolik. Yang mana letaknya setelah pedal rem.

Terasa Amblas saat Rem Diinjak

Kamu bisa merasakan terjadi kerusakan pada Master Rem Mobil saat kamu menginjak pedal rem. Mungkin saja kamu akan merasakan pelan-pelan pedal rem akan terus amblas saat kamu menahan rem.

Hal ini sebagai tanda bahwa di dalam master silinder terdapat piston yang mulai bocor, akan tetapi masih dalam kategori yang ringan. Rem yang terasa amblas ini lama kelamaan berisiko pada kategori kerusakan berat yang bisa mengakibatkan rem blong.

Hal ini terasa apabila saat kamu menekan pedal rem, yang terjadi adalah rem langsung amblas begitu saja dan berlangsung berulang-ulang. Anda pastinya akan merasakan hal ini karena rem sulit berfungsi.

Melihat reservoir minyak rem

Kondisi rem mobil rusak bisa kamu ketahui dengan melihat reservoir minyak rem. Jika reservoir minyak remnya berkurang, maka kondisi ini normal. Namun, jika yang terjadi reservoir minyak rem penuh, kamu perlu waspada. Sebab hal ini mendakan bahwa terjadi kerusakan pada master silinder rem.

Cara Memperbaiki Master Rem Mobil

Master Rem Mobil memiliki komponen penyusun: tabung silinder, piston dan seal. Jika terjadi kerusakan pada master rem dan kamu membawanya ke bengkel resmi, maka kamu diminta untuk menggantinya dengan satu unit master rem. Tapi, apabila bagian yang rusak hanya pada bagian seal piston saja, maka kamu bisa membongkarnya dengan mengganti sealnya saja. Pastinya jika piston dan silinder masih dalam kondisi baik dan layak.

Untuk melakukan perbaikan pada master rem, sebaiknya kamu membawanya ke bengkel. Sebab, untuk membongkar  unit master rem perlu beberapa kunci khusus. Sekian info mengenai Master Rem Mobil untuk kamu pahami ciri-cirinya dan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE