www.alijayaservice.blogspot.com

14 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Jarang Diketahui Orang-Orang










14 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Jarang Diketahui Orang-Orang



Penyebab AC mobil tidak dingin ada bermacam-macam, mulai dari karena freon yang habis, radiator yang kotor dan tidak pernah dibersihkan, atau karena cooling fan motor yang mati. Semua itu menyebabkan ruang kabin di dalam mobil, terutama pada siang hari saat matahari mulai bersinar dengan terik terasa panas.
Tentu saja berkendaraan dengan AC yang tidak dingin akan membuat kita merasa tidak nyaman. AC yang tidak dingin di dalam mobil juga bisa disebabkan karena kondisi jumlah penumpang sehingga kita tidak sepenuhnya bisa menyalahkan beberapa penyebab yang telah disebutkan sebelumnya.
Kamu juga harus tahu bahwa suhu di dalam mobil biasanya lebih rendah 10 derajat celcius dibandingkan dengan suhu di luar ruang kabin.
Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai beberapa penyebab AC mobil tidak dingin, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Karena Freon yang Sudah Mulai Habis

Setelah dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama, terutama apabila kamu selalu berkendara dengan menghidupkan AC mobil, kemungkinan besar freon-nya akan cepat habis. Lebih-lebih jika kamu berkendara dengan tidak teratur, misalnya sering menurunkan kaca jendela pada saat menghidupkan AC juga dapat menyebabkan AC tidak awet.
Freon yang habis selain disebabkan karena waktu pakai yang sangat lama, juga bisa disebabkan karena kebocoran. Beberapa kebocoran terkadang ditemukan pada sambungan pipa AC atau pada sealt saft compressor-nya.
Untuk membedakannya sebenarnya tidak terlalu sulit. Apabila freon habis, maka walaupun dalam keadaan on dan di-setting dengan suhu rendah, tetap tidak menghasilkan dingin. Sedangkan apabila relief valve atau seal saft compressor rusak, maka kemungkinan besar AC tetap bisa menghasilkan dingin namun tidak sedingin seperti yang dibutuhkan.

2. Apabila Coil Rusak atau Putus

Penyebab selanjutnya yang perlu diantisipasi adalah apabila spul magnetic clutch putus. Putus atau dalam kondisi mati kedua-duanya adalah penyebab AC tidak dingin. Kamu bisa mengecek kondisi spul atau koil tersebut pada saat menghidupkan mesin. Apabila kompresor AC tidak berputar pada saat mesin hidup, maka hal tersebut adalah salah satu ciri-cirinya.

3. Apabila Fan Belt AC Putus

Fan belt AC pada mobil atau biasa dikenal dengan istilah drive belt juga bisa putus dan menyebabkan AC tidak dingin. Sabuk atau belt ini berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor.

4. Apabila Radiator Kotor dan Tidak Pernah Dibersihkan

Debu adalah salah satu masalah yang seringkali menyebabkan kondisi mesin, terutama radiator dan kondensor menjadi kotor sehingga kinerjanya akan berkurang. Kotoran-kotoran tersebut menyebabkan mesin AC berkarat dan pembuangan panas menjadi tidak maksimal. Dampaknya, freon yang dibutuhkan harus lebih tinggi sehingga kinerja kondesor tidak sempurna.

5. Cooling Fan Bermasalah

Penyebab lain kabin mobil tidak dingin karena tidak bisa bekerja maksimal adalah, apabila cooling fan motor mati, atau masih hidup, hanya saja putarannya sangat lemah. Semua itu menyebabkan kondensor tidak mampu membuang panas dan tidak berjalan dengan baik sehingga udara sejuk yang dihasilkan tidak maksimal.

6. Overheat pada Sistem AC

Overheat bisa terjadi apabila tekanan dalam sistem AC terlalu besar. Tekanan yang besar dapat menyebabkan putusnya magnetic clutch atau bisa juga anak menyebabkan terputusnya arus listrik menuju field coil sehingga body kompresor tidak bisa bekerja dengan maksimal.

7. Freon yang Masuk ke Sistem AC Kurang

Sebuah mobil membutuhkan untuk freon yang berbeda-beda. Apabila ruang untuk freon tersebut tidak cukup atau terlalu kecil, hari ini akan menyebabkan tekanan berlebihan yang ujung-ujungnya akan menyebabkan jumlah freon yang masuk ke sistem AC berkurang. Penyebab masalah ini biasanya adalah karena kelebihan oli kompresor. Kelebihan oli kompresor tersebut memakan banyak tempat sehingga ruangan untuk freon otomatis berkurang.

8. Evaporator Tidak Pernah Dibersihkan

Blower pada permukaan evaporator biasanya menyebabkan debu dan kotoran terhisap dan masuk kemudian menempel dipermukaan. Hal ini akan menyebabkan penumpukan debu dan lambat laut menyebabkan terputusnya aliran udara. Sumbatan tersebut kemudian akan berefek pada angin AC yang tidak kencang. Untuk mengatasinya kita harus membersihkan evaporator dari kotoran dan sumbatan.

9. Apabila Kompresor AC Aus

Lamanya masa penggunaan juga harus diimbangi dengan servis, pembersihan, dan kontrol. Apabila terus-menerus digunakan, kompresor AC juga bisa terkikis dan aus. Hal ini akan menyebabkan tekanan pada kompresor AC menjadi tidak maksimal dan seringkali menghasilkan bunyi yang berisik. Beberapa ciri-ciri yang bisa kamu kenali untuk menandai bahwa kompresor AC sudah halus diantaranya adalah:
  • Apabila katup ekspansi dan receiver dryer tersumbat
  • Apabila sigh glass tampak menghitam

10. Tingginya Temperatur Mesin

Penyebab lain AC mobil tidak dingin bisa juga karena overheating yang terjadi pada mesin. Temperatur yang terlalu tinggi menyebabkan AC tidak dingin.

11. Saluran Pembuangan Tidak Lancar

Saluran pembuangan air bisa juga tersumbat karena kotoran. Biasanya ditandai dengan menetesnya air di bawah dashboard. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui bahwa saluran pembuangan tidak lancar dengan adanya air kondensasi yang memenuhi evap.

12. Kelebihan Penumpang

Jumlah penumpang mobil juga sangat berpengaruh terhadap dinginnya AC. Apabila penumpang full terutama bila diisi dengan orang dewasa, maka kemampuan AC akan berkurang.

13. Cuaca Panas

Cuaca panas, terutama pada siang hari juga dapat menyebabkan AC tidak bisa bekerja dengan maksimal termasuk apabila ditambah dengan penumpang yang terlalu banyak.

14. Karena Thermostat Rusak

Thermostat AC mobil harus diperiksa secara berkala terutama apabila kondisi kabin sudah tidak dingin pada saat menghidupkan AC, hal tersebut juga patut untuk dicurigai. Apabila tidak berfungsi dengan maksimal, sebaiknya segera diganti.



Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE