www.alijayaservice.blogspot.com

Empat Tips Jitu agar Biaya Servis Mobil Lebih Murah

Service mobil panggilan surabaya, Para pemilik mobil terkadang belum bisa menerima kenyataan bahwa mobilnya perlu dilakukan servis secara rutin. Memang, jika mobil baru di awal pembelian pasti akan mendapatkan servis gratis, namun tidak untuk jangka waktu panjang.
Pasalnya, terkadang kendaraan yang niatannya hanya akan dilakukan servis ringan, justru melakukan berbagai pergantian spare part atau komponen yang akhirnya membuat pengeluaran lebih banyak.

Namun  ternyata ada beberapa tips jitu agar biaya servis ditekan dengan harga lebih murah. Dan berikut caranya:

1. Selalu gunakan suku cadang asli

Mungkin Anda adalah orang yang cukup rajin menyervis kendaraan. Cara Anda mengendarai kendaraan juga wajar. Namun, setiap ke bengkel, selalu saja ada spare part yang minta untuk diganti. Kalau seperti ini, bisa jadi kesalahannya ada pada kualitas suku cadang yang Anda beli.
Usahakan untuk selalu membeli suku cadang asli. Untuk memastikan suku cadang tersebut asli, belilah di dealer atau distributor resmi.
Suku cadang palsu memang murah, namun percayalah umur mereka tidak akan seawet suku cadang asli. Anda sebenarnya menghemat lebih banyak uang dengan berinvestasi pada suku cadang asli.

2. Gunakan BBM sesuai kebutuhan mesin

Jangan pelit pada kendaraan sendiri. Bukannya menghemat uang banyak, Anda justru bisa nombok banyak di akhir bulan. Nasihat ini juga berlaku di stasiun pengisian bahan bakar. Banyak pemilik kendaraan yang memaksa mengisi tangki kendaraannya dengan bensin beroktan rendah.
Padahal pabrikan kendaraan tersebut sudah menganjurkan penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi. Meski harganya murah, bensin beroktan rendah justru dapat membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal.
Selain itu, karena tidak bisa menahan kompresi mesin yang tinggi, umur komponen akan semakin pendek. Anda juga harus semakin sering menyervis kendaraan karena mesin lebih cepat kotor akibat pembakaran yang tidak sempurna.

3. Pahami jadwal servis

Daya tahan sebuah mesin kendaraan bisa bertahan lama jika diservis secara rutin. Tidak cuma rutin, servis juga harus dilakukan sesuai jadwal. Banyak alasan kenapa servis harus dilakukan sesuai jadwal. Pertama, agar garansi kendaraan tidak hangus. Kedua, untuk kendaraan baru, servis harus dilakukan sesuai jadwal agar tidak kehilangan layanan servis gratis. Sebab, jika servis dilakukan di luar jadwal, Anda harus membayar sendiri.

4. Rawatlah ban kendaraan Anda

Ban adalah suku cadang kendaraan yang punya peran vital. Kondisi ban yang jelek tidak hanya bisa mengancam keselamatan saat berkendara, namun tidak baik buat kesehatan finansial Anda.
Maklum, harga ban kendaraan yang bagus cukup mahal apalagi jika Anda menggunakan kendaraan roda empat. Nah, agar ban bisa awet dalam waktu lama, sebenarnya ada beberapa tips perawatan yang mudah untuk dilakukan.
Pertama, wajib untuk memerhatikan tekanan angin. Kedua, lakukan spooring dan balancing agar pengendalian tetap maksimal, ketiga gunakan sabun khusus saat membersihkan ban dan keempat, copot dan bersihkan sela-sela ban minimal sebulan sekali.
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE