www.alijayaservice.blogspot.com

Panduan merintis usaha perbengkelan

bengkel  mobil panggilan surabaya, Peluang usaha di Indonesia sangat terbuka luas, tak terbatas untuk usaha tertentu. Bagi Anda yang menyukai dunia otomotif, membuka bengkel bisa jadi usaha menarik.
Menjalankan usaha atau pekerjaan apapun akan terasa lebih mudah jika kita melakukan apa yang menyenangkan bagi diri sendiri.
Dengan jumlah pengguna kendaraan bermotor di Indonesia, yaitu total penjualan mobil mencapai 1.061.735 unit pada 2016, tidak berlebihan rasanya jika membuka bengkel adalah peluang usaha yang cukup menjanjikan.
Terlebih jika bengkel yang dibuka fokus pada bidang tertentu, bengkel khusus vespa atau modifikasi motor misalnya.
Akan tetapi, sebelum membuka usaha bengkel sendiri, ada beberapa langkah yang harus disiapkan agar usaha yang ditekuni berjalan lancar. Walaupun hobi, ketika sudah beralih ke ranah bisnis, tentu Anda menginginkan untuk bisa mendapat keuntungan dari usaha yang Anda geluti.
Pilih lokasi strategis
Pemilihan lokasi merupakan poin penting yang harus diperhatikan sebelum membuka bengkel. Jika Anda hendak membuka bengkel, baik mobil atau motor, pilihlah tempat yang mudah dilihat dan mudah dijangkau.
Meski biaya sewa atau kepemilikan tempat strategis cenderung lebih tinggi, peluang untuk mengundang banyak pengunjung juga lebih besar sehingga biaya operasional akan cepat tertutup.
Persiapkan montir profesional
Meski Anda menyenangi dunia otomotif, untuk urusan bisnis pastikan Anda memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan tenaga profesional di bengkel. Usaha perbengkelan merupakan usaha jual jasa. Untuk urusan yang satu ini, testimoni kepuasan pelanggan akan sangat berpengaruh untuk usaha Anda.
Tambah pengetahuan tentang mekanik
Meski Anda memiliki tenaga yang andal untuk urusan mekanik, tak ada salahnya Anda mempelajari masalah mekanik secara bertahap sambil berjalannya bisnis. Anda bisa belajar dari montir yang dipekerjakan atau teman yang mahir dalam urusan mekanik.
Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi apabila suatu waktu bengkel kebanjiran pelanggan yang tidak bisa ditangani oleh tanaga montir di tempat Anda.
Menggali informasi distribusi suku cadang
Satu hal yang harus dilakukan saat membuka bengkel adalah mencari distribusi untuk memenuhi semua kebutuhan suku cadang. Mendapatkan pemasok sangatlah penting untuk menunjang pelayanan servis dan ketersediaan suku cadang yang berkualitas.
Pilihlah distributor yang menjual dengan harga kompetitif agar Anda bisa mendapatkan margin lebih dari harga jual.
Persiapkan strategi promosi
Langkah terakhir adalah mempersiapkan langkah untuk melakukan aktivitas pemasaran agar bengkel cepat dikenal dan ramai pengunjung. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk membantu publikasi usaha dan memberikan info promosi kepada calon pelanggan.
Anda juga dapat memanfaatkan kesempatan dengan kerja sama dengan ojek daring untuk kemudahan bertransaksi dan menyelipkan promosi jika menggunakan jasa layanan ojek daring.
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE