www.alijayaservice.blogspot.com

KOPLING NYEPLOS ?? GANTI SEAL KITNYA

Bengkel mobil panggilan surabaya


Trouble di perjalanan memang menjengkelkan. Apalagi kalau sedang perjalanan ke luar kota. Di daerah yang tidak kita kenal dengan baik. Di hari libur. Bengkel-bengkel pada libur. Toko spare parts juga sama. Bawa anak yang masih kecil. Istri yang langsung cemberut.  Huh….sungguh menjengkelkan dan menyedihkan.
Salah satu touble yang sering kita dengarkan adalah kopling ngelos, kopling nyeplos, kopling ngempos. Atau istilah lainnya yang senada. Semua artinya sama. Yaitu kopling tidak bisa berfungsi dengan baik, sehingga tidak bisa memindahkan gigi persneleng.
grafis
Grafis : Master cylinder = master atas Release cylinder = master bawah

Penyebab hal tersebut di atas adalah seal master kopling yang sobek. Sehingga tekanan pedal kopling yang seharusnya disalurkan ke tuas kopling, hilang di perjalanan. Seal yang sobek bisa master atas maupun master bawah.
Agar kita bisa mengatasi hal tersebut di atas, penulis akan memberikan panduan untuk penggantian seal master kopling. Yang pertama adalah penggantian seal master kopling bawah. Sengaja kami berikan trik ini duluan, karena gejalanya biasanya langsung fatal. Kopling ngempos, minyak kopling habis. Praktis mobil tidak bisa jalan.
Perlengkapan :
  1. Seal kita master bawah. Sebaiknya kitas sediakan sebagai cadangan di Minimal, kalaupun kita tidak bisa mengerjakan sendiri, tinggal mencari mekanik dan tidak usah repot mencari toko di daerah yang tidak kita kenal dengan baik. Penulis menyarankan untuk membawa seal kit, yang terdiri dari piston lengkap dengan seal karet yang terpasang, per, dan karet boot. Untuk mobil FL, kita bisa menggunakan seal kit master mobil jenis lain seperti truk, L300 atau yang lain. Semua sama asalkan ukurannya ¾ inch. Penulis menyarankan untuk memilih seal kit yang memiliki seal karet dobel (2 buah seal pada satu piston).
kitkopbwh
Salah satu contoh seal kit yang memiliki dobel seal.
  1. Minyak kopling. Jenisnya sama dengan minyak rem.
  2. Kunci 8, 10 dan 12.
  3. Obeng
Langkah-langkah :
  1.  Kendorkan baut nipple. Kemudian lepaskan. Lakukan dengan hati-hati. Jangan sampai Pipa ledengnya patah. Kalau sampai patah, maka alamat kerusakan semakin parah.
lepas baut nipple
2.  Kendorkan dan lepaskan tuas master yang terikat dengan baut dari batang tuas kopling.
3.  Lepaskan master kopling bawah dari dudukannya. Dengan melepas 2 baut yang mengikatnya.
4.  Master kopling sudah lepas. Bawa ke tempat yang bersih.
5.  Lepaskan piston dengan cara memukul-mukulkan master pada kayu atau benda lain sampai piston nongol. Bila perlu, semprot pakai WD.  Tarik piston dengan menggunakan tang.
lepas piston
Keluarkan piston dengan memukul mukulkan master ke lantai
piston lepas
Seal kit yang robek setelah di keluarkan
seal kit
Seal kita lama dan pengganti. Bentuk tidak sama tidak menjadi masalah asalkan ukuran sama 3/4
6.  Bersihkan master kopling sampai bersih. Bila perlu, cuci dengan menggunakan sabun.
7.  Masukkan piston pengganti.
masukkan piston
Masukkan seal kit baru
piston masuk
Seal kit baru sudah terpasang
8.  Pasang tuas master dan bootnya.
9.  Pasang master pada dudukannya. Pasang nipple dengan benar. Pasang tuas master dengan tuas kopling.
10.  Lakukan proses pembuangan angin di saluran minyak kopling. Caranya seperti saat kita buang angin pada rem.
11.  Pompa dengan cara menginjak pedal kopling berulang kali. Buang angin. Lakukan sampai terasa tekanan pada pedal terasa padat.
buang angin
Proses buang angin

12. Nah, proses penggantian sudah selesai.

Cara di atas adalah cara yang lazim dilakukan oleh seorang mekanik. Master Aditya Permana Putra memberikan triknya untuk mengganti seal master kopling. Caranya sangat simpel, menghemat beberapa langkah dibanding cara konvensional. Namun metode om Aditya ini lebih mudah bila dilakukan oleh 2 orang.
Metode Aditya :
  1. Lepaskan baut yang mengikat tuas master dengan tuas kopling.
  2. Lepas tuas master.
  3. Orang pertama di posisi master kopling. Orang kedua posisi menginjak pedal kopling. Pedal kopling diinjak berdasar aba-aba dari orang pertama.
  4. Setelah tuas master dilepas, orang pertama memberi aba-aba ke orang kedua. Pedal kopling diinjak berulang kali. Sampai piston nongol dan keluar lepas dari rumahnya.
  5. Bersihkan rumah master kopling.
  6. Pasang seal kit pengganti. Pasang tuas master dan ikatkan dengan tuas kopling dengan baut.
  7. Lakukan proses buang angin.
  8. Selesai
Nah, metode kedua ini sangat simpel. Tidak perlu lepas baut nipple, tidak perlu lepas rumah master. Kelemahannya mungkin ada di posisi yang melelahkan. Terutama bagi pemula. Dulur-dulur bisa memilih cara yang sesuai.
Selamat mencoba.
Share on Google Plus

About ali jaya service

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT OR IMAGE FOR MOBILE HERE